Selasa , 06 June 2017, 07:44 WIB

5 Kebiasaan yang Membuat Uang Terbuang Percuma

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Esthi Maharani
flickr
Menabung
Menabung

REPUBLIKA.CO.ID, Imbauan untuk berhemat dan menabung sering kita dengarkan ketika duduk dibangku sekolah. Jika kita terapkan, kebiasaan menabung sejak kecil ini akan sangat membantu ketika kita menginjak usia dewasa.

Apalagi saat menginjak usia remaja ke dewasa, akan muncul banyak kebiasaan yang tanpa sadar membuat kita membuang uang dengan percuma. Berikut 5 kebiasaan yang harus dihindari agar uang tidak terbuang sia-sia:

1. Membeli sesuatu hanya karena produk keluaran terbaru
Kebiasaan ini muncul ketika seseorang sekadar mengikuti trend. Misal, saat ponsel merek terkenal mengeluarkan produk terbaru, keinginan untuk membeli seketika muncul hanya karena tidak ingin ketinggalan zaman. Ini juga berlaku untuk produk mobil atau benda-benda elektronik lainnya. Padahal, jika disadari, setiap perusahaan pasti akan selalu berinovasi dan mengeluarkan produk terbaru.

2. Berbelanja barang yang tidak dibutuhkan
Kebiasaan ini muncul ketika seseorang menemui diskon besar-besaran di sebuah mal atau pusat perbelanjaan. Banyak orang tergiur dengan potongan harga dan membelinya meski sebenarnya merek tidak membutuhkan barang tersebut. Mereka melakukan itu hanya karena takut menyesal tidak memanfaatkan potongan harga.

3. Penggunaan kartu kredit atau kartu ATM
Saldo yang tersedia di kartu kredit atau atm akan berkurang ketika transaksi sering dilakukan. Setiap transaksi akan dikenakan biaya charge mulai dari cek saldo, pembayaran, penarikan, transfer hingga transfer ke rekening lain. Meski potongannya kecil, jika kerap bertransaksi maka secara otomatis potongan akan jadi lebib besar.

4. Berbelanja tanpa menggunakan kartu member
Jika Anda salah satu orang yang suka berbelanja di pasar modern, memiliki kartu member mungkin jadi pilihan agar bisa berhermat. Orang yang berbelanja dengan menggunakan kartu member biasanya sering mendapatkan potongan harga atau poin yang bisa ditukarkan dengan sejumlah hadiah.

5. Hobby makan di luar daripada di rumah
Salah satu kegiatan yang selalu melengkapi setiap perjalanan adalah makan-makan. Tanpa ada makan-makan mungkin perjalanan akan terasa belum sempurna. Namun, tanpa disadari, kebiasaan makan di luar ini seringkali tidak terkontrol. Untuk menyiasatinya, sarapanlah di rumah sebelum berkegiatan. Kalau perlu, bawa bekal dari rumah agar Anda tidak memilikinalasan untuk jajan di luar rumah.