Rabu , 20 September 2017, 09:47 WIB

Flazz BCA Kini Bisa untuk Bayar Tarif Tol Bali Mandara

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Nur Aini
Republika
Jalan tol Bali Mandara
Jalan tol Bali Mandara

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Flazz BCA sebagai salah satu kartu transaksi uang elektronik (unik) sudah bisa digunakan di Tol Bali Mandara. Seluruh gerbang tol Pulau Bali akan diberlakukan transaksi uang elektronik per 1 Oktober 2017.

"Kehadiran Flazz melengkapi unik yang berlaku di jalan Tol Bali Mandara," kata Corporate Public Relations PT Jasa Marga Bali Tol, Drajad Hari Suseno kepada Republika.co.id, Rabu (20/9).

Unik yang selama ini berlaku di jalan tol laut terpanjang di Indonesia tersebut adalah e-Money Mandiri, dan produk co-brandingnya, seperti e-Toll Card, Blink dari BTN, BPD Bali, Gas Card, dan Indomart Card. Selain itu ada juga Tap Cash BNI, dan Brizzi BRI.

BCA, kata Drajad sudah diizinkan berjualan kartu Flazz di gerbang-gerbang Tol Bali Mandara mulai 20 September 2017. Kartu ini juga bisa diperoleh di cabang-cabang BCA, sementara isi ulangnya bisa dilakukan di Indomart, Alfamart, Circle K, maupun di gerbang tol.

Bali adalah provinsi pertama di Indonesia yang menerapkan transaksi unik di seluruh gerbang tol mulai 1 Oktober 2017. Tol Bali Mandara memiliki 20 gardu di mana saat ini baru 10 gardu yang dioperasikan otomatis.
Pengguna unik di Tol Bali Mandara hingga pertengahan Agustus 2014 hanya 14 persen dari 51 ribu kendaraan per hari atau sekitar 7.200 pengguna. Jumlahnya, kata Drajad meningkat bertahap menjadi 19 persen atau 9.600 pengguna pada pekan pertama September 2017 dan menjadi 23 persen atau 11.200 pengguna unik saat ini.