Rabu , 12 July 2017, 16:08 WIB

Bank Mantap Terbitkan Obligasi Perdana

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Nidia Zuraya
Republika/ Wihdan
 Petugas melakukan aktivitas di kantor cabang Bank Mantap, Jakarta, Jumat (19/5).
Petugas melakukan aktivitas di kantor cabang Bank Mantap, Jakarta, Jumat (19/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Mandiri Taspen Pos (Mantap) hari ini resmi menerbitkan obligasi pertamanya. Penerbitan obligasi I Bank Mantap Tahun 2017 itu sudah mulai dicatatkan di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Obligasi yang diterbitkan sebanyak Rp 2 triliun tersebut terdiri dari dua seri. Pertama, seri A senilai Rp 1,5 triliun dengan bunga 8,5 persen dan tenor tiga tahun. Lalu seri B sebesar Rp 500 miliar bertenor lima tahun dengan bunga 8,75 persen.

Direktur Utama Bank Mantap Josephus K Triprakoso menyatakan, dana hasil obligasi akan digunakan untuk memperluas penyaluran kredit tahun ini. Pasalnya pertumbuhan kredit semakin bergairah memasuki semester II 2017.

"Hasil pemeringkatan dari PT Fitch Rating Indonesia Fitch untuk obligasi Bank Mantap adalah AAidn atau double A," ujarnya. Ia menambahkan, di sini yang bertindak sebagai wali amanat dalam emisi ini yaitu Bank Tabungan Negara (BTN).

Dengan begitu, kini BEI mencatat, sepanjang 2017 total emisi obligasi dan sukuk sebanyak 51 emisi dari 41 emiten senilai Rp 72,92 triliun. Sedangkan total emisi obligasi dan sukuk yang tercatat sebanyak 331 emisi memiliki nilai nominal outstanding sebesar Rp 336,59 triliun dan 6,5 juta dolar AS, yang diterbitkan oleh 110 emiten.