Jumat , 16 Juni 2017, 09:58 WIB

BI akan Liburkan Seluruh Kegiatan Operasional pada 23 Juni

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Nidia Zuraya
Bank Indonesia
Bank Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Indonesia akan meliburkan seluruh kegiatan operasional pada 23 Juni mendatang. Keputusan itu diambil, setelah Keputusan Presiden Nomor 18 Tahun 2017 tentang Cuti Bersama diterbitkan.

Sebelumnya, BI telah mengumumkan akan buka secara penuh pada tanggal tersebut. "Namun karena sudah ada Keputusan Preseiden, maka kami akan sesuaikan," ujar Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara kepada wartawan di Jakarta, Kamis, (15/6).

Selanjutnya, bank sentral juga berencana menutup seluruh kegiatan operasional saat sudah memasuki lebaran yakni dari 26 Juni sampai 29 Juni. Sedangkan operasional terbatas akan dilakukan pada 30 Juni, meliputi penyelenggaraan Sistem BI-RTGS, BI Scripless Securities Settlement System (BI-SSSS), dan kegiatan operasional Sistem Kliring Nasional BI (SKNBI).

Pada 30 Juni pula, kegiatan operasional moneter rupiah dilakukan untuk standing facilities rupiah. "Sementara untuk operasi moneter valas ditiadakan, kurs JISDOR juga tidak terbit pada 30 Juni," jelas Tirta.

Nantinya, kurs BI pada 30 Juni mendatang memakai referensi kurs hari kerja terakhir yang terbit pada 22 Juni. Meski begitu, bank kontributor JIBOR diimbau tetap menyampaikan kuotasi suku bunga untuk publikasi JIBOR.