Sabtu , 20 May 2017, 06:00 WIB

BJB Hadirkan Produk Kredit Mikro dengan Bunga Single Digit

Rep: Dea Alvi Soraya/Febrian Fachri/ Red: Nidia Zuraya
Budi Rahardjo/Republika
Direktur Mikro Bank BJB Agus Gunawan.
Direktur Mikro Bank BJB Agus Gunawan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Mikro Bank Jabar Banten (BJB) Agus Gunawan menerangkan, BJB berkomitmen dalam perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah(UMKM). Dia mengatakan saat ini telah ada lima produk kelolaan divisi UMKM, yaitu Kredit Mikro Utama (KMU), Kredit Cinta Rakyat (KCR), Kredit Usaha Rakyat (KUR), Kredit Usaha Kecil Menengah (KUKM), dan Resi Gudang. 

"Kami memandang produk ini sudah sangat kompetitif, namun pembaharuan tetap kami lakukan sejalan dengan kebutuhan pasar yang kian meningkat," ujar Agus saat diwawancarai Republika.co.id akhir pekan lalu. 

Dia menjelaskan, BJB telah mengupayakan beberapa hal, diantaranya mencoba untuk menghadirkan produk baru seperti kredit mikro dengan suku bunga single digit. Selain itu, melakukan berbagai upaya untuk memaksimalkan proses pelayanan yang cepat dan mudah. 

Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Terpadu (PESAT), lanjut Agus, menjadi ciri khas kredit mikro di BJB sejak 2015. Dia menambahkan, selain menyalurkan pembiayaan yang membantu UMKM dapat tumbuh secara permodalan, PESAT juga ditujukan untuk menumbuhkan UMKM dari sisi kapasitasnya.  

"Dengan mengimplementasikan kedua pilar ini (pembiayaan dan pemberdayaan) kami meyakini akan munculnya loyal customer," ucap Agus.

Semakin tinggi loyal customer, kata dia, maka BJB akan semakin optimis bahwa kredit mikro yang diproklamirkan BJB dapat tetap menjadi primadona perbankan. Disisi lain, BJB juga akan mengkaji pembuatan pernyaratan terkait jaminan atau mandatory kredit agar lebih simple dan mudah, demi menghindari resiko bisnis yang tidak diharapkan.