Selasa, 6 Zulhijjah 1435 / 30 September 2014
find us on : 
  Login |  Register

Tenang, Pegadaian Siap Atasi Lonjakan

Selasa, 17 Juli 2012, 19:44 WIB
Komentar : 1
Antara/Rosa Panggabean
Gadai emas syariah.
Gadai emas syariah.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA —Hingga awal Juli 2012 Pegadaian Syariah belum mengalami ledakan gadai menjelang masuk sekolah dan Ramadhan. Hal ini disebabkan sepanjang Juni masyarakat baru melakukan pendaftaran sekolah.

Peningkatan akan terlihat dari hasil rekapitulasi Juni dan Juli. Hasil ini baru bisa terlihat melalui pendataan pada Agustus. “Tapi, biasanya kenaikan pada musim masuk sekolah sekitar 10 persen,” ujar General Manager Pegadaian Syariah Suhardjo akhir pekan lalu.

Meskipun tahun ini jadwal masuk sekolah hampir mendekati Ramadhan, Suhardjo mengungkapkan, belum ada peningkatan gadai yang signifikan. Masyarakat yang mengajukan gadai masih di angka ratarata. Berdasarkan data bulanan, Pegadaian Syariah melayani gadai Rp 900 miliar per bulan.

Menjelang Ramadhan, Pegadaian Syariah telah menyiapkan diri untuk mengatasi kelebihan permintaan gadai. Suhardjo mengungkapkan, peningkatan gadai pada Ramadhan tidak akan terlalu tinggi karena akan diimbangi dengan pelunasan. Hal ini membuat Pegadaian Syariah tidak mematok target tertentu untuk pembiayaan ini. “Kami hanya mengantisipasi kelancaran modal untuk gadai,” ujar Suhardjo.

Hingga kuartal kedua gadai di Pegadaian Syariah mencapai Rp 7,6 triliun. Jumlah ini meleset dari target rata-rata untuk kuartal kedua Rp 7,8 triliun. Suhardjo berharap peningkatan akan terlihat pada pembiayaan Juli 2012.

Hal berbeda terjadi di Bank Danamon Syariah. Hingga Juni 2012, pembiayaan gadai di Danamon Syariah mencapai Rp 90 miliar. Jumlah ini meningkat 50 persen dibandingkan posisi Maret, yaitu Rp 60 miliar.

Direktur Danamon Syariah Budi Utomo menyebutkan, pembukaan cabang yang melayani gadai merupakan salah satu faktor yang menyebabkan peningkatan ini. Sebelumnya hanya ada sekitar 11 kantor cabang yang melayani gadai ketika Danamon Syariah memulai pilot project untuk produk ini. Tetapi, seiring dengan penambahan cabang, pembiayaan ini ikut meningkat. “Saat ini kami sudah memiliki 140 cabang yang melayani gadai,” ujar Budi.

Reporter : friska yolanda
Redaktur : M Irwan Ariefyanto
Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya(HR. Muslim, no. 2588)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Wow, Pabrik di Tuban Pekerjakan Robot
 TUBAN -- Guna mendapatkan hasil masksimal, PT. Semen Gresik (Persero) Tbk di Tuban menggunakan jasa robot. Robot tersebut digunakan untuk melakukan sampling, persiapan dan...