Jumat , 05 January 2018, 15:10 WIB

2018, CSR Semen Padang Fokus Pemberdayaan Masyarakat

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Dwi Murdaningsih
semen padang
Distribusi semen padang.
Distribusi semen padang.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- PT Semen Padang tetap menancapkan komitmennya untuk menjalankan program-program pengabdian masyarakat. Program pengabdian masyarakat yang dinaungi oleh CSR Semen Padang tak hanya menyentuh masyarakat di sekitar operasi perusahaan, namun juga di lingkup Sumatra Barat bahkan di level nasional.

Kepala Biro CSR Semen Padang, Muhammad Ikrar, menyebutkan bahwa perusahaan tetap akan mengacu pada Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) untuk tahun 2018 ini. Setelah melalui 2017 dengan penuh prestasi, CSR Semen Padang bakal melanjutkan program-program unggulannya di tahun 2018 ini. Slogan yang diusung pun tetap sama, 'Basinergi Mambangun Nagari'.

"Baik untuk program kemitraan atau bina lingkungan. Harapannya kami bisa meneruskan program-program yang sifatnya pemberdayaan," ujar Ikrar saat ditemui di kantor Semen Padang Indarung, Jumat (5/1).

Sepanjang 2017 lalu, CSR PT Semen Padang berhasil mendapat pengakuan di level nasional. Dalam ajang Indonesia Coorporate Social Responsibility Award (ICA) 2017 misalnya, Semen Padang berhasil menggondol 15 kategori.

Terdapat lima lima program yang mendapatkan penghargaan platinum, yaitu PKBM Integrasi di Kelurahan Batu Gadang, Forum Nagari Indarung, Pemberdayaan Masyarakat Berbasis delapan Asnaf Melalui Unit Pengelolaan Zakat PT Semen Padang, dan Nagari Pemberdayaan Posyandu Terintegrasi di Kelurahan Lambung Bukit, serta Klinik Semen Padang Paduli Sehat.

Kemudian Gold untuk program berjudul Pemberdayaan dan Perlindungan Konsumen, Pengolahan Gas Buang Menjadi Energi Listrik Melalui WHRPG, Investasi Sosial Pemberdayaan Lumbung Keuangan Nagari, Pemberdayaan Masyarakat Melalui Bank Sampah Berbasis Rumah Tangga dan Komunal, serta Kelompok Usaha Nagari Kelurahan Padang Besi.

Sedangkan kategori Silver, diraih melalui program Emergency Respons Bencana Banjir Melalui Pembangunan Jembatan Baringin. Selain Semen Padang, tiga perusahaan lainnya yang mendapatkan Grand Platinum adalah PT Kideco Daya Agung pada sektor Pertambangan dan Energi, PT Kaltim Prima Coal yang juga di sektor Pertambangan dan Energi, dan PT PLN di sektor Jasa, Perbankan dan Telematika.