Kamis , 04 January 2018, 19:28 WIB

In Picture: Pemberdayaan Warga Sekitar Pabrik Semen Rembang

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Mohamad Amin Madani
Petugas keamanan yang direkrut PT Semen Indonesia dari warga desa Ring I pabrik semen PT Semen Indonesia di Rembang tengah beraktivitas dalam tugasnya.

REPUBLIKA.CO.ID, REMBANG -- Keberadaan pabrik semen milik BUMN PT. Semen Indonesia di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, membawa berkah tersendiri bagi penduduk Kabupaten Rembang khususnya yang tinggal di sekitar lokasi pabrik.

Sejumlah pemuda yang berasal dari warga Desa Ring 1 pabrik, seperti Desa Kajar, Desa Kadiwono, Desa Tegaldowo serta Desa Pasucen, telah direkrut PT. Semen Indonesia untuk mengisi posisi petugas keamanan yang bertanggung jawab dalam pengamanan fasilitas pabrik.

Menurut pengakuan tokoh warga Tegaldowo, Dwi Joko Supriyanto, hingga saat ini keberadaan PT Semen Indonesia di Rembang telah membawa dampak perubahan yang pesat. Tak terkecuali di Desa Tegaldowo. “Desa Tegaldowo sebelum kehadiran pabrik semen ini merupakan desa miskin di Rembang. Sekarang warga sudah merasakan beberapa kemanfaatan dengan hadirnya PT Semen Indonesia,” kata dia.