Senin , 25 December 2017, 13:45 WIB

Semen Gresik Gunakan Sistem Poin untuk Distribusi Produk

Red: Dwi Murdaningsih
Antara/Eric Ireng
 Seorang pekerja berada di tumpukan Semen Gresik di salah satu toko bangunan. (ilustrasi)
Seorang pekerja berada di tumpukan Semen Gresik di salah satu toko bangunan. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TUBAN -- Semen Gresik, Jawa Timur, berusaha meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan melalui strategi mengerahkan ekspeditur semen dengan nama program 'sobat' atau sopir hebat untuk memastikan pemenuhan kebutuhan pelangan di Indonesia.

Kepala Departemen Penjualan Semen Gresik Dapan Duparman menjelaskan untuk pelaksanaan juga disediakan packing plant dan gudang penyangga untuk memastikan pemenuhan kebutuhan pelanggan melalui program sobat yang diluncurkan sehari lalu.

"Program Sobat merupakan program loyalitas berbasis digital dan marketing approach untuk para pengendara kendaraan ekspeditur," kata dia.

Selama periode yang ditentukan, Setiap bulan para pengendara akan memperoleh poin berdasarkan kinerja pengirimannya. Poin yang terkumpul akan dikompetisikan melalui mekanisme ranking dan undian.

"Para peserta berkesempatan untuk memenangkan berbagai hadiah. Program ini salah satu bentuk apresiasi kepada pengendara ekpeditur. Semakin tinggi kinerjanya, maka akan semakin besar kemungkinan untuk mendapatkan hadiah," kata dia.

Ia menambahkan program ini juga sebagai wujud terima kasih sekaligus bentuk kepedulian sosial Semen Gresik atas kinerja para pengendara yang turut mendukung kinerja penjualan produk Semen Gresik.

Hingga bulan November 2017, Semen Gresik memiliki lebih dari 22 ribu pelanggan toko dengan total realisasi penjualan sebesar 14,08 juta ton dengan penguasaan pangsa pasar di Indonesia sebesar 23,2 persen.

"Hal tersebut dapat terwujud juga berkat usaha para pengendara ekspeditur dalam memastikan pendistribusian semen sampai ke pelanggan dengan tepat waktu," kata dia.

Disediakan berbagai alternatif dalam mengakses program dan mengecek jumlah perolehan poin. Setiap pengendara dapat mengunduh aplikasi mobile di smartphone masing-masing, mengirim sms ke call center, menghubungi call center bebas pulsa, ataupun mengunjungi helpdesk di Cargo Tuban.

Dengan berbagai alternatif tersebut, mereka dapat mengikuti program dengan mudah dan tidak dibatasi oleh perangkat yang dimiliki.

Ia mengharapkan program ini akan mampu mengoptimalkan kinerja distribusi sehingga dapat meningkatkan tingkat kepuasan dan kualitas hubungan pelanggan yang pada akhirnya mampu mendongkrak volume penjualan ke depannya.

Sumber : antara