Sabtu , 14 October 2017, 15:24 WIB

Semen Indonesia Resmi Jadi UPZ Baznas

Rep: Muhyiddin/ Red: Dwi Murdaningsih
dok. Baznas
Ketua BAZNAS Prof. Dr. Bambang Sudibyo, MBA, CA mebgukuhkan Pengurus UPZ PT Semen Indonesia di Kantor Semen Indonesia, Gresik, Jawa Timur, Jumat (13/10).
Ketua BAZNAS Prof. Dr. Bambang Sudibyo, MBA, CA mebgukuhkan Pengurus UPZ PT Semen Indonesia di Kantor Semen Indonesia, Gresik, Jawa Timur, Jumat (13/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kelompok perusahan BUMN raksasa di bawah payung PT Semen Indonesia, secara resmi menjadi Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Hal ini dideklarasikan setelah Baznas menerima dana zakat, infak dan sedekah (ZIS) dari PT Semen Indonesia sebesar Rp 1,27 miliar.

"Alhamdulillah Semen Indonesia group sudah menjadi UPZ Baznas. Bergabungnya BUMN kebanggaan bangsa ini semakin memperkuat Baznas dalam upaya memberdayakan masyarakat dan mengentaskan kemiskinan di negeri ini," ujar Ketua Baznas, Bambang Sudibyo dalam keterangan tertulisnya yang diterima Republika.co.id, Sabtu (14/10).
 
Bambang mengatakan, PT Semen Indonesia layak menjadi contoh bagi BUMN lainnya dalam mengelola zakat dari karyawan-karyawannya. "Alhamdulillah, Semen Indonesia menjadi contoh dan teladan bagi BUMN lain dalam mengelola zakat," ucap Bambang.
 
Ia menuturkan, untuk mengoptimalkan pemberdayaan masyarakat dan pengentasan kemiskinan, selama ini Baznas telah membangun sinergi program bersama Baznas daerah serta LAZ nasional, provinsi dan kabupaten/kota.
 
Ia optimistis bahwa saat ini sudah memasuki era kebangkitan zakat di Indonesia. Karena, menurut dia, selain diakomodasi Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) melalui Program Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), zakat kini sudah masuk ke dalam rencana besar Arsitektur Keuangan Syariah Indonesia.
 
"Tak hanya itu, manajemen Baznas juga dimodernisasi lewat penerapan ISO 9001:2015, sehingga semakin profesional, amanah, transparan dan akuntabel," katanya.
 
Bahkan, tambah dia, Baznas juga menyiapkan sertifikasi bagi para amil. "Ini untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam rangka menggapai misi Baxnas menjadi pengelola zakat terbaik di dunia," kata dia.