Sabtu , 28 June 2014, 19:00 WIB

SMGR Beli Semen Anak Usaha

Red: operator

JAKARTA — PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) menandatangani perjanjian offtake dengan anak perusahaannya, Thang Long Ce ment Joint Stock Company (TLCC). Perjanjian tersebut dalamrangka jual beli clinker dan semen antarkedua perusahaan.

Offtake agreement
dilakukan untuk mendukung kemampuan dan kelancaran TLCC untuk memenuhi kewajiban kepada senior krediturnya. “Semen Indonesia akan membeli clinker atau semen dari TLCC untuk mendukung kemampuan keuangan TLCC,” kata Direktur Utama Semen Indonesia Dwi Soetjipto, Jumat (27/6).

Perjanjian dilaksanakan pada 20 Juni 2014. Pembelian dilakukan selama enam tahun sejak tanggal penandatanganan. Terkait har ga semen, Dwi mengatakan akan dilakukan kemudian ketika pelaksanaan transaksi. TLCC merupakan salah satu anak usaha Semen Indonesia yang bergerak dalam industri semen di
Vietnam. Semen Indonesia memiliki 70 persen saham TLCC.
 
Dwi menambahkan, offtake agreement ini merupakan transaksi afiliasi yang tidak memerlukan penilaian inde pendenPasalnya, saham atau modal TLCC tidak dimiliki seluruhnya dan tidak satu pun saham serta modal TLCC dimiliki ang gota direksi atau ko misaris Semen Indonesia.

Semen Indonesia yang dulunya bernama PT Semen Gresik (Per sero) Tbk adalah produsen semen yang terbesar di Indonesia. Pada 20 Desember 2012, Semen Gresik resmi ber ganti nama.

Pekan lalu, Semen Indonesia ber hasil meraih The Best Indonesia Green Award 2014 untuk lima kategori sekaligus. Kategori tersebut adalah Penyelamatan Sumber Daya Air, Mengembangkan dan Menggunakan Energi Baru dan Terbarukan, Mengem bang kan Keanekaragaman Hayati, Memelopori Pencegahan Polusi, dan Mengem bangkan Pengolahan Sampah Terpadu.

“Semen Indonesia dinilai tidak sekadar mengejar target perolehan keuntungan, tapi tetap peduli terhadap peles tarian ling kungan dan ekosistem, menerapkan Tripple Bottom Line (profit, people, dan planet) sebagai strategi untuk mencapai pertumbuhan perusahaan yang berkelanjutan,” ujarnya.

Per seroan sangat mengapresiasi pemberian penghargaan ini dan bangga dengan capaian perusahaan serta senantiasa akan diting katkan pada masa mendatang. Inika rena, jumlah penghargaan yang diperoleh perusahaan meningkat. rep:friska yolandha ed: irwan kelana