Jumat , 15 September 2017, 09:13 WIB

CSR Semen Padang Panen Penghargaan di ISDA 2017

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Gita Amanda
semenpadang.co.id
PT Semen Padang
PT Semen Padang

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG - PT Semen Padang kembali menyabet penghargaan di level nasional. Kali ini, pelaksanaan program  Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan yang mendapat pengakuan dalam ajang Indonesian Sustainable Development Goals Award (ISDA) 2017.

Tak tanggung-tanggung, PT Semen Padang berhasil meraih dua predikat Platinum dan satu Gold, dari tiga program yang diikutkan pada ajang diselenggarakan Corporate Forum For Community Development (CFCD) tersebut.

Kepala Departemen Komunikasi dan Sarana Umum PT Semen Padang Iskandar Z Lubis, yang hadir mewakili Direktur Utama, menjelaskan dua platinum atau penghargaan tertinggi diraih Semen Padang melalui Program Semen Padang Pandai Nagari Beasiswa untuk Anak Nagari dan Program Pemberdayaan Lumbung Keuangan Nagari (LKN) di Kelurahan Batu Gadang, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang. Sedangkan predikat Gold diraih melalui Program Pemberdayaan Komunitas Miskin Melalui Kelompok Usaha Nagari (KUN) di Kelurahan Batu Gadang, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang.

"Prestasi yang diraih pada ajang ISDA 2017 ini membuktikan bahwa berbagai program CSR yang dilaksanakan Semen Padang selama ini sudah sesuai standar best practice yang berlaku di industri dengan mengacu pada ISO 26000 SR," ujar Iskandar dalam rilis resmi perusahaan, Jumat (15/9).
 
Ia menambahkan, program beasiswa yang meraih predikat platinum merupakan satu bagian dari empat pilar strategic flagship pengelolaan CSR Semen Padang, yakni Semen Padang Pandai Nagari. Sedangkan pilar lainnya yang disusun sedemikian rupa yakni Semen Padang Campin Nagari, Semen Padang Paduli Nagari, dan Semen Padang Elok Nagari sebagai dasar pengelolaan program CSR Perusahaan.
 
Jumlah penerima manfaat dari Program beasiswa ini dalam tiga tahun terakhir sebanyak 5.116 orang untuk semua tingkatan pendidikan dengan total nilai sebesar Rp 6,1 miliar. Iskandar melanjutkan, melalui program beasiswa ini diharapkan akan lahir generasi muda yang andal dan berprestasi dari masyarakat sekitar sehingga dapat mendukung pencapaian tujuan SDGs 4.
 
Selain program di atas, Semen Padang juga menjalankan Program Pemberdayaan Komunitas Rumah Tangga Miskin melalui KUN yang menjadi bagian dari strategic flagship, Semen Padang Paduli Nagari. Sejak tiga tahun terakhir, Semen Padang telah membina 50 KUN dengan jumlah anggota sebanyak 480 Rumah Tangga Miskin (RTM), yang tersebar di tujuh kelurahan yang berbatasan langsung dengan perusahaan.
 
Pembinaan yang diberikan dalam bentuk pelatihan, penyediaan bahan baku, penyediaan alat teknologi produk, kemasan, legalitas, pemasaran, kerjasama kemitraan, pemberian modal usaha serta menempatkan tenaga pendamping dari perusahaan dan perwakilan penduduk setempat. Melalui program ini diharapkan dapat mendukung pencapaian tujuan SDGs 1 yakni End Poverity In All Its Forms Everywhere.
 
"Disamping itu, kami juga memiliki program unggulan lainnya yakni Program Pemberdayaan Lumbung Keuangan Nagari (LKN)," katanya.
 
LKN merupakan lembaga resmi yang dibentuk dan dipercaya mengelola dana CSR Semen Padang secara profesional, amanah, transparan dan akuntabel dimasing-masing kelurahan yang berada di sekitar perusahaan. LKN ini telah dikembangkan sejak dua tahun terakhir dengan jumlah dana yang dikelola mencapai Rp 4,6 miliar. Ke depan, ujar Iskandar, LKN ini diharapkan juga mengelola dana-dana sosial yang bersumber dari pihak lain atau tidak hanya dari CSR Semen Padang saja.
 
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) sekaligus Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro menyampaikan apresiasi kepada CFCD yang telah menyelenggarakan ISDA 2017. "Ini merupakan langkah awal yang baik untuk mendorong pelaku usaha melaksanakan tujuan SDGs," katanya.