Selasa , 23 August 2016, 17:55 WIB

Ketika Pejabat PLN Menjadi Guru Sehari

Red: Hiru Muhammad
dok.PLN
Salah satu kegiatan PLN mengajar di Jakarta
Salah satu kegiatan PLN mengajar di Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rangkaian kegiatan BUMN Hadir untuk negeri tidak berhenti sampai peringatan kemerdekaan Indonesia saja. Program yang juga dinanti para siswa dan guru adalah BUMN Mengajar. Dalam hal ini, Direksi PLN dan General Manager PLN mengabdi seharian pada kegiatan yang bertajuk PLN Mengajar di sejumlah sekolah.

General Manager PLN Pusat Penelitian dan Pengembangan Ketenagalistrikan (Research Institute) atau biasa disebut PLN PUSLITBANG, Ishvandono Yunaini A. melalui keterangan tertulisnya Selasa (23/8) melakukan pengajaran kepada siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 26 (SMK N 26) di Rawamangun Jakarta Timur.

PLN juga memberikan bantuan  perlengkapan sekolah senilai Rp 10 juta. "Masih sekitar 15 persen lagi masyarakat yang belum terlistriki, sehingga kesempatan masih terbuka luas untuk bergabung menjadi keluarga besar PLN" tutur Bp Ishvandono.

Ishvandono memaparkan materinya mengenai proses bisnis PLN, program 35.000 MW dan rekrutmen. Pertemuan singkat tersebut membuat seluruh siswa bahkan guru  antusias mendengarkan cerita dari GM PLN Puslitbang ini. Para siswa juga berkesempatan berinteraksi melalui tanya jawab setelah selama dua jam.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMK Negeri 26 Nursiswanto, menyatakan kegiatan ini sangat positif bagi siswa untuk memahami  sistem ketenagalistrikan. Dari sini siswa memperoleh inspirasi untuk dapat menggapai cita-cita mereka. "Program BUMN Mengajar ini sangat bermanfaat, agar dapat diikuti secara serius", pesan Pak Nur kepada para siswanya.

Program ini juga mengajak para Direksi PLN mengunjungi sekolah almamaternya.  Seperti di SMAN 1 Bogor, SMA Methodist 1 Medan, SMPN dan SMAN 2 Tasikmalaya, SMA I BOPKRI Yogyakarta, SMAN 1 Purworejo, SMAN 1 Sragen, SMAN 1 Purwokerto, SMAN 1 Bandung, SMAN 1 Padang, SMPN 1 Simo Boyolali, dan SMAN 3 Malang. 

Selain itu, General Manager di seluruh unit PLN juga berkesempatan mengajar di sekolah unggulan dan sekolah yang terletak di perbatasan serta pulau terluar di Indonesia. Kegiatan PLN Mengajar yang serentak dilaksanakan di 66 sekolah se-Nusantara pada minggu ke-3 Agustus 2016 ini merupakan kegiatan untuk para pejabat PLN. Mereka berbagi motivasi dan bercerita pengalaman  saat menjabat menjadi orang terpenting di BUMN besar ini.