Kamis , 10 March 2016, 20:48 WIB

Semen Indonesia Salurkan Bantuan Rp 6,5 Miliar di Kabupaten Tuban

Rep: Binti Sholikah/ Red: Dwi Murdaningsih
ist
Bantuan CSR PT Semen Indonesia.
Bantuan CSR PT Semen Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), menyalurkan bantuan senilai Rp 6,5 miliar kepada Pemerintah Kabupaten Tuban. Bantuan tersebut untuk menunjang program pemberdayaan masyarakat di kabupaten tersebut.

“Untuk menunjang program Pemberdayaan Masyarakat, Semen Indonesia menyerahkan bantuan dana sebesar 6,5 milyar kepada Pemerintah Kabupaten Tuban yang akan disalurkan ke 26 desa dalam 3 kecamatan di sekitar perusahaan,” kata Direktur Utama Semen Indonesia, Suparni, dalam siaran pers.

Suparni menyatakan, program pemberdayaan masyarakat yang telah berjalan selama ini cenderung menimbulkan ketergantungan, membuat masyarakat dan pemerintah tidak melihat potensi yang dimiliki oleh masyarakat. Untuk itu, Semen Indonesia bekerja sama dengan Pemkab Tuban memfasilitasi terbentuknya Forum Masyarakat Kokoh (FMK).

FMK merupakan forum diskusi antara para pemangku kepentingan desa, meliputi pemerintah dan masyarakat. Pembentukan FMK bertujuan mengidentifikasi potensi dan kebutuhan desa tersebut. Setelah kebutuhan teridentifikasi, maka proposal diajukan kepada CSR Semen Indonesia.

FMK dibentuk di 26 desa sekitar perusahaan dalam tiga kecamatan di Kabupaten Tuban, yakni Kerek, Merakurak, dan Jenu. FMK tersebut diharapkan dapat menampung partisipasi masyarakat yang sejalan dengan pembangunan desa.

“Kita ingin pemerintah, masyarakat, dan perusahaan sama-sama membangun desa. FMK ini menjadi jawaban untuk menjaring kebutuhan masyarakat sekitar perusahaan dengan cara menggali dan meningkatkan potensi warga. Hingga nantinya akan menjadi desa yang lebih mandiri dan maju,” ungkap Suparni.

Dalam kesempatan tersebut, Semen Indonesia juga menyerahkan bantuan 1.000 paket sembako dalam mendukung kegiatan Tim Penggerak PKK Kabupaten Tuban. Serta bantuan perlengkapan pengemasan kepada 40 UKM binaan Semen Indonesia di Tuban. Program tersebut merupakan bagian dari anggaran CSR Semen Indonesia sebesar Rp 26 miliar di tahun 2016 untuk Kabupaten Tuban. Saat ini, jumlah UKM mitra binaan Semen Indonesia di seluruh Indonesia mencapai 16.764 unit, sebanyak 6.500 unit di antaranya berasal dari Tuban.