Jumat , 22 July 2011, 20:00 WIB

Google Berencana Fasilitasi UKM Indonesia

Rep: Citra Listya Rini/ Red: Johar Arif
digitaltrends.com
Eric Schmidt
Eric Schmidt

REPUBLIKA.CO.ID, NUSA DUA--Google Inc berniat memfasilitasi bisnis usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia lewat program internet yang dimilikinya. Hal ini disampaikan oleh Chief Officer Executive (CEO) Google, Eric E. Schmidt, ketika ditemui dalam acara Regional Entrepreneurship Summit 2011, Nusa Dua, Bali, Jumat (22/7).

"Itu (memfasilitasi internet) adalah prioritas tertinggi kami. Jadi kami akan fokus di sana (UKM) karena Indonesia mempunyai potensi UKM yang sangat besar," ujar Schmidt.

Namun, ia menyatakan niatan tersebut masih terlalu dini untuk dibicarakan lebih mendalam. Pasalnya, langkah Google untuk meng-online-kan bisnis UKM di Indonesia masih sebatas pembicaraan awal. Tetapi, Schmidt menuturkan dirinya sudah menyampaikan niatnya tersebut kepada pemerintah Indonesia.

Keinginan Google memberdayakan UKM Indonesia lewat internet tersebut dibenarkan oleh Menteri Perdagangan, Mari Elka Pangestu. "Potensi Indonesia luar biasa dari segi konsumsi maupun perusahaan yang bisa memanfaatkan adanya perusahaan seperti Google," papar Mari. "Kita harapkan secepatnya (Google masuk ke Indonesia). Tetapi kami harus berkoordinasi dan komunikasi (lebih dulu)," kata Mari.