Kamis , 31 August 2017, 09:12 WIB

Semen Padang Bagikan 54 Sapi Kurban, Termasuk ke Mentawai

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Budi Raharjo
Sapto Andika Candra
Ketua Umum Baznas Pusat Bambang Sudibyo menyerahkan sapi kurban dari PT Semen Padang secara simbolis kepada Ketua KAN Lubukkilangan Padang, di Lapangan Cubadak Indarung, Rabu (30/8). Pada tahun ini Semen Padang membagikan sebanyak 54 sapi kurban kepada masyarakat.
Ketua Umum Baznas Pusat Bambang Sudibyo menyerahkan sapi kurban dari PT Semen Padang secara simbolis kepada Ketua KAN Lubukkilangan Padang, di Lapangan Cubadak Indarung, Rabu (30/8). Pada tahun ini Semen Padang membagikan sebanyak 54 sapi kurban kepada masyarakat.

REPUBLIKA.CO.ID,PADANG -- Perayaan Idul Adha yang jatuh pada Jumat (1/9) mendatang diisi PT Semen Padang dengan membagikan 54 ekor sapi kurban. Sebagian dari jumlah sapi kurban tersebut diberikan kepada masjid dan mushalla yang berada di sekitar area operasi perusahaan, serta kaum Muslim di Kepulauan Mentawai.

Penyaluran hewan kurban untuk masyarakat Muslim yang minoritas di Kepulauan Mentawai dilakukan melalui Dewan Dakwah Islamiyah. Sementara penyaluran sapi kurban di daerah lain diwakilkan oleh kantor perwakilan PT Semen Padang di Aceh, Bengkulu, Dumai, Lampung, Dumai, dan Jakarta serta melalui organisasi lainnya.

Penyerahan hewan kurban di Lapangan Cubadak, Indarung, Padang, pada Rabu (30/8) ini disaksikan oleh Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Pusat Bambang Sudibyo, direksi PT Semen Indonesia (persero) Tbk, pengurus KAN Lubuk Kilangan, Pauh, Lubeg Nan XX, dan Limau Manis Selatan, serta pengurus musholla atau masjid yang menerima hewan kurban.

Direktur Utama PT Semen Padang Benny Wendry mengatakan, penyerahan hewan kurban ini merupakan salah satu agenda rutin tahunan dan sebagai bentuk kepedulian Semen Padang terhadap masyarakat sekitar lingkungan, serta dalam upaya melaksanakan syiar agama Islam di lingkungan perusahaan.

Dalam kurun waktu enam tahun terakhir, hewan kurban yang diserahkan Semen Padang tahun ini merupakan yang terbanyak. Pada Idul Adha 2012 lalu perusahaa menyalurkan 43 ekor hewan kurban. Sementara tahun 2013 naik menjadi 44 ekor, pada 2014 sebanyak 47 ekor, 2015 naik menjadi 48 ekor, dan 2016 naik lagi menjadi 53 ekor sapi.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada 2017 ini, PT Pasoka Sumber Karya yang merupakan anak perusahaan PT Semen Padang juga ikut menyerahkan tiga ekor sapi kurban yang akan didistribusikan untuk Mentawai, Pauh, Limau Manis Selatan, dan Lubuk Kilangan.

Tidak hanya itu, UPZ BAZNAS Semen Padang sebagai unit pengumpul Zakat juga menyerahkan sembako sebanyak 1.650 paket bersamaan dengan penyerahan hewan kurban. "Kami berharap daging kurban ini dapat didistribusikan secara tepat kepada keluarga yang berhak menerimanya," jelas Benny.

Ketua Umum Baznas Pusat Bambang Sudibyo mengapresiasi langkah PT Semen Padang dalam menyalurkan hewan kurban. Ia menilai, BUMN lain di Indonesia bisa mencontoh Semen Padang dalam melakukan penyaluran hewan kurban, terutama ke daerah-daerah prioritas dakwah seperti Kepulauan Mentawai.

"Keteladanan ini juga perlu ditiru oleh perusahaan BUMN dan swasta lainnya di Indonesia. Mudah-mudahan keteladanan ini, menjadikan PT Semen Padang menjadi perusahaan yang tumbuh sangat baik dan semakin besar," ujar dia.