Selasa , 22 August 2017, 20:52 WIB

Semen Indonesia Bedah Rumah 50 Veteran di Papua

Red: Qommarria Rostanti
Dok Semen Indonesia
Plt Direktur Utama Semen Indonesia, Darmawan Junaidi, menyerahkan simbolik kepada salah satu penerima Program Bedah Rumah Veteran.
Plt Direktur Utama Semen Indonesia, Darmawan Junaidi, menyerahkan simbolik kepada salah satu penerima Program Bedah Rumah Veteran.

REPUBLIKA.CO.ID, MERAUKE -- PT Semen Indonesia (Persero) Tbk menggelar upacara bendera di titik nol, Distrik Sota, Merauke, Papua, Kamis (17/8). Upacara ini merupakan rangkaian dari program BUMN Hadir untuk Negeri di ujung timur Indonesia untuk memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Semen Indonesia, Darmawan Junaidi, yang bertindak sebagai inspektur upacara mengatakan, tahun ini Semen Indonesia telah menggelar serangkaian kegiatan peringatan hari kemerdekaan yang dipusatkan di Papua. Hal ini merupakan bentuk kepedulian Semen Indonesia sebagai perusahaan BUMN untuk turut mengembangkan daerah terluar Indonesia.

Darmawan menyebut, sebagai bagian dari kontribusi untuk bersama-sama tumbuh dan terus bergerak dalam pembangunan negara, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, bersama dengan BUMN lainnya yaitu PT Bhanda Ghara Reksa (Persero), dan PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) siap dan mendukung program BUMN Hadir Untuk Negeri khususnya di Kabupaten Merauke – Papua.

Rangkaian kegiatan program BUMN Hadir untuk Negeri tahun ini dimulai dengan program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dengan mengirim 31 pelajar Papua ke Sulawesi Utara dan menerima 20 pelajar dari Sulawesi Utara. Agenda kegiatan dilanjutkan dengan jalan sehat yang diikuti oleh ribuan masyarakat Jayapura pada 12 Agustus lalu.

Puncaknya, sebagai wujud penghormatan dan penghargaan atas nilai-nilai kejuangan dan hasil perjuangan para pahlawan dalam merebut dan menegakkan kemerdekaan, Semen Indonesia juga melaksanakan program bedah rumah untuk 50 veteran yang tersebar di beberapa daerah. Bedah rumah tersebut meliputi Kabupaten Merauke (tujuh unit), Kabupaten Biak (sembilan unit), Kabupaten Nabire (lima unit), Kabupaten Yapen (12 unit), Kabupaten Waropen (tujuh unit), serta Kabupaten/Kota Jayapura (10 unit).

Pada tahap pertama, Semen Indonesia telah membedah 22 unit rumah veteran yang dimulai sejak 15 Juli sampai dengan 15 Agustus 2017. Selanjutnya, tahap kedua  dimulai (17/8) dan ditargetkan selesai pada 30 September 2017. Total anggaran dalam pelaksanaan program ini mencapai Rp 2,8 miliar. "Hal ini sebagai bentuk kontribusi nyata dari Semen Indonesia untuk seluruh masyarakat Indonesia, dimana BUMN merupakan ujung tombak dari kemajuan perekonomian negara,” ujar Darmawan dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Selasa (22/8).



Darmawan menyebut pelaksanaan program bedah rumah ini juga didukung oleh Korem 172/PWY - Jayapura, Korem 173/PVB – Biak, Korem 174/ATW – Merauke, Legiun Veteran RI  Propinsi Papua dan DPC LVRI kabupaten, serta partisipasi dan dukungan sukarela dari masyarakat di sekitar wilayah tersebut. Usai pelaksanaan upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke-72  ini, Semen Indonesia juga menggelar lomba rakyat dan pemutaran film nasional yang diselenggarakan di Kabupaten Merauke untuk meningkatkan nilai nasionalisme masyarakat di Papua. Selain itu, sebagai bagian dari program BUMN Hadir untuk Negeri di Papua, Semen Indoensia telah berhasil menjalankan inisiatif pemerintah dalam memangkas disparitas harga semen yang cukup tinggi di ujung timur Indonesia.