Senin , 21 Agustus 2017, 19:17 WIB

Semen Indonesia Peringati Kemerdekaan RI Bersama Warga Papua

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yusuf Assidiq
Dokumen
Peserta jalan sehat dalam peringatan HUT ke 72 RI.
Peserta jalan sehat dalam peringatan HUT ke 72 RI.

REPUBLIKA.CO.ID, Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 72 Kemerdekaan Republik Indonesia menjadi momentum bagi PT Semen Indonesia (Persero) Tbk untuk memperkuat program BUMN Hadir Untuk Negeri di tanah Papua.

Serangkaian kegiatan untuk mendorong pengembangan kawasan paling timur di Tanah Air ini dihelat oleh perusahaan tersebut dalam menyambut hari lahir Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Rangkaian kegiatan ini mempertegas komitmen PT Semen Indonesia (Persero) Tbk sebagai bagian dari perusahaan milik negara, untuk bersama-sama memberikan kemanfaatan bagi masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Papua.

Hal itu diungkapkan oleh Plt Direktur Utama PT Semen Indonesia (persero) Tbk,  Darmawan Junaidi, saat memimpin upacara bendera Peringatan HUT ke 72 Kemerdekaan Republik Indonesia di titik nol perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini (PNG), di Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, Kamis (17/8).

Menurutnya, pada 2017 ini, PT Semen Indonesia telah menggelar serangkaian kegiatan peringatan hari kemerdekaan yang dipusatkan di Papua, sebagai bentuk kepedulian perusahaan BUMN untuk turut mengembangkan daerah terluar Indonesia.     

“Hal ini menjadi salah satu bukti, perusahaan kami ikut berkontribusi untuk bersama- sama tumbuh dan terus bergerak dalam pembangunan negara dan memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia,” katanya.

Di tanah Papua, jelas Darmawan, PT Semen Indonesia bahu membahu bersama dengan BUMN lainnya dalam mendukung program BUMN Hadir Untuk Negeri. Antara lain dengan PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) dan PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero).

Kegiatan program BUMN Hadir Untuk Negeri tahun ini dimulai dengan program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dengan mengirim 31 pelajar Papua ke Sulawesi Utara dan menerima 20 pelajar dari Sulawesi Utara untuk mengenal lebih dekat Papua, budaya serta masyarakatnya.

Agenda dilanjutkan dengan kegiatan jalan sehat yang melibatkan ribuan masyarakat Jayapura dan sekitarnya. Kegiatan jalan sehat ini dilaksanakan pada Ahad, 12 Agustus 2017.

“Tak kurang 4.500 ribu peserta berpartisipasi dan memeriahkan kegiatan jalan sehat yang menempuh jarak sejauh lima kilometer dan mengambil tempat start dan finish di halaman kantor Gubernur Papua ini,” jelasnya.