Senin , 17 Juli 2017, 07:15 WIB

Ini Pesan CEO PT Semen Indonesia (2)

Red: Maman Sudiaman
Republika/ Yasin Habibi
Presiden Direktur PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk Rizkan Chandra
Presiden Direktur PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk Rizkan Chandra

REPUBLIKA.CO.ID, Berikut pesan yang disampaikan Dirut Semen Indonesia Rizkan Chandra pada situs resmi Semen Indonesia, tepatnya di sub kanal Pesan CEO. Allah berkendak lain, pria kelahiran Jakarta48 tahun silam itu akhirnya mengembuskan nafasnya yag terakhir pada Sabtu (15/7).

Semoga pesannya bisa menjadi amanah bagi jajaran Semen Indonesia dalam berkiprah di ajang nasional maupun internasional. Berikut pesan yang disampaikan dan ditayang ulang secara utuh.

 

Pengembangan Bisnis untuk Memperkuat Kinerja yang Berkelanjutan

Mempertimbangkan berbagai kompetensi yang telah dimiliki selama ini dan tumbuhnya kesempatan, Perseroan semakin mengintensifkan upaya memanfaatkan kompetensi tersebut dengan merealisasikan pengembangan lini usaha non-semen. Perseroan berupaya mengembangkan beberapa lini usaha non-semen yang masih memiliki keterkaitan dengan industri persemenan, untuk menjamin pasar produk Perseroan di masa mendatang.

Sebagai bagian dari upaya pengembangan usaha ini, pada tahun 2015 Perseroan mengakuisisi 36.67% saham PT Varia Usaha Beton (“VUB”) melalui anak usaha PT SGG Prima Beton (“SGG PB”). SGG PB merupakan perusahaan yang dikendalikan secara langsung oleh Perseroan. Perseroan menargetkan SGG PB dapat terus berkembang menjadi perusahaan Beton terkemuka di Indonesia, baik untuk produk readymix maupun Beton Pracetak (precast). Aksi Perseroan ini bertujuan untuk mengantisipasi pergeseran perilaku konsumsi semen di masa mendatang. Perseroan menargetkan peningkatan kontribusi nonsemen di tahun-tahun mendatang seiring dengan realisasi berbagai rencana pengembangan usaha.

Perseroan terus melanjutkan berbagai inisiatif strategis untuk memperkuat landasan pertumbuhan usaha yang berkelanjutan. Berbagai Iangkah strategis yang tengah dilaksanakan dan disiapkan meliputi:

-Peningkatan kapasitas produksi: pembangunan unit pabrik baru di Rembang -Jawa Tengah dan Padang Sumatera Barat yang saat ini progres pembangunan fisiknya per Maret 2016 masing-masing telah mencapai 88,34% dan 86,49%.

-Penguatan Faktor Penunjang: pembangunan cement mill, upgradingdan perluasan quarry.

-Menyelesaikan pembangunan packing plant di 3 daerah pemasaran potensial

-Melanjutkan pembangunan WHRPG di Tuban berkapasitas 30,6 MW dan meningkatkan penggunaan Alternative Fuel and Raw material (AFR).

-Meningkatkan kompetensi SDM dan menyelesaikan penyempurnaan ICT.

-Melanjutkan Program-program Pascatransformasi sebagai Strategic Holding.

Pascatransformasi korporasi sebagai kelanjutan pembentukan Semen Indonesia Center of the CHAMPS (SICC) Perseroan berupaya mempertajam fungsi pilar-piLarnya, meliputi Dynamic Learning, membangun Center of Engineering, Center of Research dan selanjutnya membentuk Universitas International Semen Indonesia. Perseroan berupaya meningkatkan peran kunci SICC sebagai pusat keunggulan yaitu dengan menyiapkan SDM yang kompeten atau best people sekaligus meningkatkan kinerja unggul (excellent performance) dan penguatan struktur industri.

Untuk menyiapkan best people Perseroan membentuk wadah institusi pengembangan dalam SICC, yakni: Center of Engineering. Center of Research, Center of Dynamic Learning, dan Center of Knowledge Management. Sementara pilar SICC yang berorientasi ke luar diwujudkan melalui pelaksanaan Training and Consulting Services dan realisasi pendirian Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI).

Sementara itu, dalam rangka mempersiapkan kompetensi Human Capital agar mampu berkiprah di kancah regional maupun global, Perseroan melanjutkan upaya realisasi beragam inisiatif strategis di bidang pengelolaan SDM sesuai jenis kompetensi yang dimiliki. Perseroan mengintensifkan program Knowledge Management melalui berbagai acara knowledge sharing, lomba inovasi dan sejenisnya. Perseroan juga menginisiasi pembentukan Talent Pool dan merealisasikan program pelatihan cann eksekutif masa depan baik melalui proses pembelajaran terfokus di dalam negeri maupun pengiriman tugas belajar ke luar negeri.

Selain itu, Perseroan berupaya membentuk budaya CHAMPS dengan enam nilai wajib sebagai karakter setiap insan Semen Indonesia dalam menjalankan tugas dan kewajibannya. Tujuannya adalah mengkapitalisasikan seluruh kompetensi jajaran dalam rancang bangun maupun kemampuan inovatif dibidang persemenan dan kegiatan terkait Iainnya sebagai keunggulan Perseroan dalam mengembangkan usaha di masa mendatang dengan mengedepankan integritas sebagai pembeda.

Budaya inovasi yang sudah menjadi bagian seluruh aktivitas karyawan Perseroan akan terus didorong agar mampu menjadi salah satu tulang punggung bagi peningkatan daya saing Perseroan. Semen Indonesia Award on Innovation yang telah berlangsung sejak tahun 2009 akan terus dikembangkan sehingga menjadi wadah yang optimal bagi para inovator Perseroan. Potensi inovasi yang mencapai ratusan miliar setiap tahun akan terus didorong agar mampu diimplementasikan dengan baik sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan daya saing Perseroan.

Parseroan menunjukkan komitmen tinggi untuk meningkatkan kuaiitas panerapan praktik torbaik GCG dengan melengkapi seluruh softstructure maupun infrastruktur bagi pelaksanaan tata kelola yang berkuaiitas. Porseroan juga telah menyalesaikan penyempurnaan terhadap berbagal aturan tata laksana sasuai dengan perubahan struktur korporasi yang terjadi. Beberapa program yang teiah diberiakukan untuk meningkatkan kualitas panerapan GCG di tahun 2015 mencakup:
-Implementasi Pedoman Sistim Pelaporan Pelanggaran (Whistlablowing System Manual) terbaru
-lmpiementasi integrated Governance. Risk 8. Compliance (GRC Terpadu).
-Penyelesaian penyusunan ulang Board Manual Penerapan dan Sosialisasi Pedoman Etika Perusahaan terkini