Jumat , 18 Desember 2015, 07:50 WIB

Keuangan Syariah Fair 2015 Jadi Puncak Roadshow Expo iB 15 Kota

Red: Taufik Rachman
Peluncuran buku kodifikasi produk keuangan syariah di Keuangan Syariah Fair 2015
Peluncuran buku kodifikasi produk keuangan syariah di Keuangan Syariah Fair 2015

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Roadshow expo iB (Islamic Banking) Vaganza 2015 berakhir dan ditutup di Bandung. Puncak kegiatan bertajuk Keuangan Syariah Fair 2015 (KSF 2015) yang dibuka oleh Wakil  Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar.

ExpoiB telah diselenggarakan di empat belas kota, diantaranya Solo, Mataram, Makassar, Purwokerto, Bengkulu, Bogor, Balikpapan, Banjarmasin, Semarang, Jakarta, Tasikmalaya, Cilegon, Medan, dan Yogyakarta.  Keuangan Syariah Fair yang merupakan hasil kerja sama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Industri Perbankan dan Keuangan Syariah yang digelar 17 - 20 Desember 2015.

Rangkaian kegiatan Keuangan Syariah Fair 2015 dimeriahkan dengan acara Talkshow, Peluncuran Buku Kodifikasi Produk Perbankan Syariah, Workshop Perbankan Syariah bagi Guru dan Tenaga Pengajar, Ijitima Sanawi (Annual Meeting) Dewan Pengawas Syariah (DPS) Lembaga Keuangan Syariah (LKS) Se-Indonesia (di Ibis Trans Studio, 16-19 Desember 2015), serta berbagai paduan acara edukasi dan entertainment mengenai Perbankan dan Keuangan Syariah.

Pelaksanaan acara Keuangan Syariah Fair 2015, merupakan gong penutup kegiatan iB Vaganza pada tahun 2015 dan  merupakan salah satu bagian dari rangkaian Kampanye Nasional Aku Cinta Keuangan Syariah. Kampanye yang lebih dikenal dengan nama ACKS ini telah diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada tanggal 14 Juni 2015 di acara Pasar Rakyat Syariah (PRS) di Jakarta dan diresmikan secera serentak di enam kota lain yakni Medan, Bandung, Semarang, Surabaya, Makassar dan Balikpapan.

BAcara Keuangan Syariah Fair 2015 ini dimeriahkan dengan berbagai Talkshow inspiratif,  di antaranya Talkshow "Outlook dan Arah Kebijakan Pengembangan Perbankan Syariah Tahun 2016", Ibu Pintar Syariah, Sukses Bersama Perbankan Syariah, Sukses dengan Modal Kecil (UKM), dan Kelas Inspiratif " Kerennya Bekerja di Industri Keuangan Syariah".

Dalam rangka pengembangan perbankan syariah serta meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang perbankan dan keuangan syariah, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga mengadakan Workshop Perbankan Syariah untuk 100 orang Guru dan Tenaga Pengajar Ekonomi/IPS/Fikih. Masih dalam rangkaian acara Keuangan Syariah Fair, workshop ini diselenggarakan di Ibis Trans Studio Hotel pada 19 Desember 2015.

Tidak hanya Talkshow dan Worskhop, rangkaian acara Keuangan Syariah Fair 2015 juga dimeriahkan dengan berbagai perlombaan, diantaranya Lomba Mewarnai, Duel Otak Pintar Syariah, iB Got Talent, Lomba Fotografi, dan Acapella dengan nilai total  hadiah lebih dari Rp 40.000.000,-.
 
Sebagai industri yang relatif baru bertumbuh, acara ini dirasakan perlu diselenggarakan. Industri perbankan dan keuangan syariah nasional perlu terus melakukan sosialisasi dan edukasi publik (campaign) agar produk serta jasa layanan syariah yang semakin beragam dan berdaya saing dapat dikenal dan dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat luas. Disamping itu juga agar dapat berkontribusi secara nyata dan optimal dalam pertumbuhan dan perkembangan perekonomian nasional yang berkesinambungan.