Senin , 04 July 2016, 16:03 WIB

Air Cooler dan Air Conditioner, Mana yang Paling Cocok?

Red: Indira Rezkisari
Republika/Darmawan
Beragam pendingin ruangan yang tersedia di pasaran.
Beragam pendingin ruangan yang tersedia di pasaran.

REPUBLIKA.CO.ID, Dibanding kipas angin, penggunaan air cooler saat jauh lebih populer. Karena kepopulerannya, air cooler kerap dibandingkan dengan air conditioner (AC) oleh masyarakat. Secara fisik, bentuk air cooler dan air conditioner memang sedikit mirip, namun bila ditelusuri sebenarnya cukup banyak perbedaan.

Kesamaan keduanya ialah menjadi pendingin dan penyejuk ruangan. Penggunaannya sama-sama efektif dan tinggal disesuaikan dengan kebutuhan dan selera bila ingin membelinya. Bila Anda ingin membeli pendingin ruangan dan bingung mau pilih yang mana, coba pahami dulu perbedaan keduanya.

Beberapa gambaran perbedaan yang bisa jadi pertimbangan Anda sebelum membeli, di antaranya adalah:

Cara Kerja dan Penggunaannya

AC lebih unggul dan praktis ketimbang air cooler. Sistem kerja AC bekerja otomatis dan bisa mengatur suhu ruangan sesuai keinginan. Untuk melakukannya hanya membutuhkan remote yang memiliki suhu hingga 16 derajat celcius. Dengan kata lain, pengguna tinggal pakai dan mudah.

Sedangkan air cooler membutuhkan sedikit usaha bila ingin menggunakannya. Air cooler memakai air untuk bahan baku dan perlu ditambahkan ke dalamnya setiap habis digunakan. Suhu udara yang dihasilkan juga kurang maksimal, bila dibandingkan dengan AC. Suhu air cooler untuk ruangan hanya 3-5 derajat celcius.

Sumber : Rumahku.com

Berita Terkait