Senin , 06 Juni 2016, 08:52 WIB

Panduan Memilih Bank untuk Mengajukan KPR

Red: Indira Rezkisari
Republika/Agung Supriyanto
Pameran properti dengan skema pembelian KPR.
Pameran properti dengan skema pembelian KPR.

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak hal yang harus dipersiapkan ketika hendak mengajukan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR). Mulai dari kesiapan diri sendiri, pemahaman tentang KPR, hingga strategi jitu untuk mendapatkannya. Seperti umum diketahui, pemohon KPR sangat banyak dan tak semua dikabulkan oleh bank.  

Terkait dengan bank yang memiliki produk KPR, tak jarang seseorang mengajukan pertanyaan tentang bank manakah yang tepat? Bagaimana cara menemukan bank terbaik dan bisa memenuhi kebutuhan saya? Bank yang menawarkan kenyamanan, kemudahan dan keamanan selama kredit berlangsung.

Jika ini menjadi salah satu pertanyaan Anda, simak sejenak ulasan berikut. Setidaknya ada tiga hal yang perlu diperhatikan untuk dapat memilih bank yang tepat.

Suku Bunga Rendah
Mengamati dan mengetahui perubahan suku bunga yang berbeda-beda di setiap bank sangat penting untuk diperhatikan calon kreditur. Semakin rendah bunga yang ditawarkan, cenderung semakin baik dan menguntungkan. Untuk itu, calon kreditur perlu melakukan survei dan menemukan bank terbaik dengan bunga rendah. Bunga rendah tentunya mmebuat biaya cicilan lebih ringan alias sedikit.

Namun, sebaiknya Anda tidak langsung tergoda ketika menemukan bank dengan bunga rendah. Jadilah lebih detail dengan memahami terlebih dahulu jenis suku bunga dan melakukan perhitungan rinci. Anda juga bisa meminta simulasi tabel cicilan yang digunakan oleh bank untuk bahan pertimbangan.

Kredibilitas dan Segmentasi Bank
Ini salah satu hal utama yang penting untuk dicari oleh calon kreditur sebelum memilih bank KPR. Kenali dulu bank yang hendak dituju, mulai dari reputasi hingga segmentasinya. Pastikan bank benar-benar bisa dipercaya dan memiliki citra yang baik.

Cara sederhana ialah mengumpulkan data lewat internet. Lakukan tanya jawab dalam forum-forum dengan nasabah lain yang sudah terlebih dahulu mengambil KPR. Cara lainnya bisa dengan mengetahui seberapa banyak nasabah yang dimiliki suatu bank. Termasuk kualitas layanan dan jumlah kantor cabang yang tersebar hingga ke daerah.

Jangan lupakan juga tentang segmentasi bank yang umumnya bervariasi. Tanyakan dulu pada diri sendiri berapa nilai aset rumah yang ingin dibeli? Kemudian, sesuaikan dengan segmentasi bank yang hendak dituju. Beberapa bank menentukan nilai beragam, mulai dari di bawah Rp 100 juta, di atas Rp 100 juta, dan masih banyak lagi.

Menawarkan Kemudahan
KPR  terdiri banyak jenis dan bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Untuk itu, sebaiknya Anda memahami masing-masing produk KPR yang ditawarkan oleh bank. Termasuk tata cara, aturan pengajuan dan sistem pencicilan kredit rumah yang berlaku di tiap bank.

Pilih bank dengan prosedur yang memudahkan, mulai dari persyaratan pengajuan hinga cicilan bulanan nantinya. Bank yang memiliki jaringan luas, pelayanan maksimal, dan fitur kredit yang banyak tentu akan memberikan beragam kemudahan untuk kreditur.

Salah satu bentuk kemudahan bank seperti jalinan kerjasama antara bank dengan developer tertentu untuk memudahkan kreditur. Atau menawarkan jangka waktu peminjaman yang bervariasi dan menjabarkan detail pelunasan pembayaran untuk dipahami dengan mudah oleh kreditur.