Kamis , 21 April 2016, 16:03 WIB

Begini Cara Jadikan Rumah Idaman Lebih Berkarakter

Red: Winda Destiana Putri
Dok: Rumahku.com
Begini Cara Jadikan Rumah Idaman Lebih Berkarakter
Begini Cara Jadikan Rumah Idaman Lebih Berkarakter

REPUBLIKA.CO.ID, Usai membangun rumah biasanya suasana interior masih polos dan belum terisi perabotan.

Ini berarti waktunya Anda untuk mendekorasi tiap-tiap ruangan sesuai keinginan dan kebutuhan. Dekorasi yang tepat ialah interior yang punya karakter dan unik sebagai refleksi dari pemiliknya.

Nah, bila Anda hendak mendekorasi rumah idaman dan ingin menciptakan karakter di dalamnya coba simak ulasan menarik berikut ini.

Ada 3 poin penting yang perlu diperhatikan, menurut Rumahku.com di antaranya:

Perhatikan Detail arsitektur dan Skala Ruang
Interior bisa tampil memuaku bila Anda mempperhatikan detail arsitekturnya. Termasuk saat hendak memilih dan meletakkan segala sesuatu di dalam ruangan, agar tampak apik.

Misalnya, Anda bisa menambahkan dimensi di langit-langit rumah dengan panel atau balok. Cara yang efektif membedakan beberapa ruangan luas untuk dua fungsi, seperti dapur dan ruang makan menyatu.

Selain itu, perhatikan juga skala ruang agar visualnya tampak seimbang dan bisa tampil maksimal. Ruangan besar tentunya tidak proporsional dengan perabotan kecil nan ramping, begitu juga sebaliknya. Hal yang sama juga berlaku untuk aksesori ruangan, yang baiknya memperhatikan detail bangunan secara keseluruhan.

Optimalkan Jendela dan Pencahayaan yang Tepat
Mendekorasi jendela juga mampu menciptakan karakter pada ruangan. Anda bisa bermain dengan corak, bahan, detail, atau warna untuk tirai dan membuat rumah tampil lebih dramatis. Tirai juga dapat menciptakan ilusi ruangan lebih tinggi, bila tepat pemasangannya.

Untuk pencahayaan, ada 3 jenis yang populer yakni ambient lighting (terpasang di langit-langit), task lighting (fokus pada area berdasarkan aktivitas tertentu), dan accent lighting untuk menarik perhatian.

Misalnya, lampu gantung dipasang di dapur, sconce di kamar mandi, LED kecil di rak buku, dan masih banyak lagi. Pencahayaan tepat membuat suasana berbeda, hidup, dan tentunya berkarakter.

Berkreasilah dan Warnai Dunia Anda
Masing-masing orang memiliki karakter berbeda-beda dan cara terbaik menerapkannya di interior ialah dengan membebaskan diri untuk berkreasi. Padupadankan furnitur, perabotan, dan aksesori untuk tiap ruangan sesuai selera dan imajinasi Anda.

Bila kurang percaya diri, tak ada salahnya menemukan inspirasi atau ide lewat internet dan majalah. Misalnya ide memadupadankan warna, furnitur, dan aksesori.

Jangan khawatir karena hal semacam ini sudah banyak dan mudah ditemukan. Selain itu, baiknya Anda memperhatikan permainan warna.

Hal ini berdampak besar pada tampilan dan kesan. Sedikit sentuhan warna di tempat yang tak biasa dapat membawa pengaruh besar. Contohnya, mengecat pintu dengan warna kontras. Pintu ruangan di cat hitam, sedangkan seluruh bagian rumah didominasi warna putih.