Kamis , 21 April 2016, 07:24 WIB

Mengapa Interior Minimalis Lebih Populer dari Interior Maksimalis?

Red: Winda Destiana Putri
Dok: Rumahku.com
Desain Interior rumah. Ilustrasi
Desain Interior rumah. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Segala hal tentang interior minimalis hingga kini banyak diminati masyarakat luas, khususnya Indonesia.

Mulai dari pemahaman, tips, trik, hingga panduan mengaplikasikannya. Alasannya karena interior tersebut dinilai paling relevan diterapkan saat ini.

Lahan untuk pembangunan rumah makin terbatas, kebutuhan akan hunian tinggal meningkat dan harganya terus merangkak naik. Alhasil, rumah minimalis yang dianggap lebih praktis, murah dan efisien jadi pilihan terbaik.

Dari penjelasan tersebut, bisa dipahami mengapa interior minimalis lebih populer dari interior maksimalis. Namun, apakah interior maksimalis tidak cocok diaplikasikan saat ini?

Untuk mengetahui jawabannya yuk mengenal perbedaan interior minimalis dan maksimalis terlebih dahulu menurut paparan Rumahku.com di bawah ini:

Interior Minimalis
Sesuai namanya, gaya minimalis erat kaitannya dengan kesederhanaan, efisiensi ruang, dan pembatasan penggunaan. Interior minimalis berfokus pada segala perabotan yang mudah dan pasti digunakan, sedangkan yang kurang berfungsi ditiadakan.

Untuk warna, rumah minimalis umumnya memakai warna cerah, natural dan cenderung polos. Warna tersebut berlaku untuk dinding, furnitur dan aksesori lainnya. Penataan interior minimalis juga tampil rapi dan terorganisir dengan baik. Tujuannya agar ruangan tampak melegakan dan tidak tambah sempit.

Selain menyesuaikan dengan bentuk rumah yang kecil, minimalis juga dikenal menghemat dana. Penerapannya menekan perilaku komsumtif yang berujung pada pemborosan dan penggunaan yang tidak penting.

Interior Maksimalis
Seiring melejitnya interior minimalis, konsep maksimalis makin redup dan kurang peminat. Gaya satu ini umumnya lebih colorful, berani dan membuat rumah terasa penuh. Di dalamnya ada keragaman kehidupan dari pemilik yang membuatnya tampil unik. Rumah seperti bercerita dan memberikan kesan hangat.

Bila minimalis pada fungsi, maka maksimalis lebih kepada kenyamanan. Pemilik bebas berkreasi dan menempatkan segala sesuatu yang dinilai menarik di dalam rumah. Efek lainnya, bisa memberikan motivasi dan inspirasi tersendiri pada pemilik atau tamu yang datang.

Nah, dari perbedaan di atas manakah yang lebih sesuai dengan Anda? Pada dasarnya pemilihan interior minimalis atau maksimalis lebih pada selera penghuninya. Anda bisa mengikuti tren minimalis saat ini, atau tampil beda lewat gaya maksimalis.