Senin , 13 November 2017, 06:58 WIB

Menjawab Tantangan Manajemen Armada di Era Digital

Red: Dwi Murdaningsih
Indosat
NEXTfleet layanan baru Indosat Ooredoo.
NEXTfleet layanan baru Indosat Ooredoo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meningkatnya e-commerce menuntut kebutuhan distribusi yang cepat. Tantangan perusahaan supply atau forwarding adalah untuk mengoptimalkan armada kendaraan sehingga meningkatkan keuntungan serta efisiensi penggunaan armada.

NEXTfleet akan memudahkan korporasi dalam mengoptimalkan proses distribusi. Mulai dari perencanaan, penjadwalan, penugasan, sampai dengan pemantauan armada secara akurat dan real time menggunakan aplikasi mobile dan perangkat Internet of Things (IoT) lainnya. Dengan hal tersebut otomatis akan memangkas biaya operasi perusahaan, menjadi lebih efisien dan produktivitas lebih meningkat.

Keunggulan NEXTfleet dibanding dengan solusi manajemen armada lain antara lain:

1. Fleet management system yang menawarkan solusi inovasi  tiga aplikasi berbeda bagi pengemudi, pelanggan, dan fleet manager. Ketiga aplikasi ini memiliki fitur berbeda sesuai kebutuhan masing-masing, namun tetap terintegrasi dan bisa bertukar data satu sama lain.

2. Multipoint destination. Fleet manager bisa menjadwalkan rute perjalanan yang paling efisien bagi armada truknya dengan banyak titik kunjungan sekaligus. Dengan begitu, perjalanan menjadi lebih optimal sehingga utilisasi kendaraan meningkat

3. Real time. Semua informasi yang ditampilkan di NEXTfleet bersifat real time, termasuk lokasi truk, muatan barang, sampai kecepatan dan perilaku berkendara pengemudi.

4. Customized. Sistem manajemen armada dan aplikasi mobile NEXTfleet menawarkan fitur-fitur yang sangat lengkap, tetapi masih bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhan spesifik pelanggan.

Director and Chief Wholesale & Enterprise Officer Indosat Ooredoo Herfini Haryono mengatakan NEXTfleet merupakan wujud komitmen mereka untuk menjadi preferred digital partner yang menghadirkan solusi Information and communications technology (ICT) dan digital.

Sehingga memudahkan pebisnis menjalankan dan mengembangkan bisnisnya. "Kami percaya bahwa solusi Internet of Things (IoT) NEXTfleet dapat menjadikan operasi bisnis menjadi lebih efektif dengan output yang semakin meningkat. Khusus untuk perusahaan yang banyak menggunakan armada kendaraan, berbagai biaya operasional menjadi efisien, aktivitas distribusi menjadi lebih optimal dan dapat dipantau secara real time," ujarnya.

Sebab solusi ini menurut Herfini memang dirancang untuk meminimalkan kompleksitas dan dapat diimplementasikan secara cepat serta fleksibel, sesuai dengan perkembangan bisnis masing-masing perusahaan. "Itulah mengapa Indosat Ooredoo Business hadir dengan solusi NEXTfleet," kata Herfini.

Dengan kemampuan untuk memantau, mengamankan dan mengoptimalkan aset produksi, NEXTfleet memungkinkan pelaku usaha atau korporasi melakukan transformasi digital dalam mempercepat pertumbuhan bisnis dan meningkatkan daya saingnya. Dengan cara inovasi produk, inovasi proses, dan inovasi untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan.

Lihat video NEXTfleet di sini.

Bagi Anda para pebisnis dan korporasi yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut tentang layanan NEXTfleet silakan kunjungi indosatooredoo.com/nextfleet, atau Anda dapat menghubungi nomor telepon 0815 1201 8888 dan e-mail ke info.business@indosatooredoo.com.