Rabu , 25 Oktober 2017, 15:48 WIB

Fintech Pinjam.co.id Buka Layanan di Kantor Pos

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Nur Aini
Republika/ Yasin Habibi
Co-Founder dan Chief Executive Officer Pinjam.co.id Teguh Ariwibowo (kanan), bersama Direktur Ritel dan SDM PT Pos Indonesia Ira Puspadewi saat memperkenalkan layanan gadai antara Pinjam.co.id dengan PT Pos Indonesia di kantor Pos Pusat, Jakarta, Rabu (25/10)
Co-Founder dan Chief Executive Officer Pinjam.co.id Teguh Ariwibowo (kanan), bersama Direktur Ritel dan SDM PT Pos Indonesia Ira Puspadewi saat memperkenalkan layanan gadai antara Pinjam.co.id dengan PT Pos Indonesia di kantor Pos Pusat, Jakarta, Rabu (25/10)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Perusahaan financial technology (fintech) Pinjam.co.id menggandeng PT Pos Indonesia demi melayani nasabah yang lebih luas. Salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu memiliki jaringan sekitar 4.000 kantor pos.

Jumlah titik layanannya pun mencapai 58.700, baik dalam bentuk kantor pos, agen pos, Mobile Postal Service, dan lainnya. Dengan begitu masyarakat bisa lebih mudah dalam melakukan gadai untuk mendapatkan dana cepat.

Pinjam.co.id merupakan fintech yang menyediakan layanan gadai serta pinjaman usaha. Melalui platform digital tersebut, masyarakat bisa langsung melakukan gadai berbagai barang secara online.

Co-Founder dan Chief Executive Officer Pinjam.co.id Teguh Ariwibowo menjelaskan, uji coba kerja sama dengan Pos Indonesia sudah berlangsung selama enam bulan terakhir. "Dengan kolaborasi partnership strategis ini kita bisa dapat kepercayaan masyarakat karena PT Pos sudah terpercaya. PT Pos bisa bantu untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat," ujarnya kepada wartawan di Jakarta, Rabu, (25/10).

Ia menuturkan, melalui kemitraan dengan pos Indonesia ini, sampai Oktober 2017, layanan pinjam.co.id sudah tersedia di 20 titik kantor pos di Jakarta. Ke depannya diharapkan bisa bertambah lagi di kantor pos berbagai daerah.

"Selama enam bulan kita uji coba layanan, awalnya tersedia di lima titik dulu, terus 10 titik, baru sampai 20 titik. Tahun depan targetnya ada di 200 titik kantor pos di Indonesia," ujar Teguh.

Maka sekarang, masyarakat bisa datang ke kantor pos terdekat bila ingin melakukan gadai. Pinjam.co.id pun telah menyediakan 28 penaksir atau penilai barang jaminan di 20 titik tersebut.

"Untuk barang gadai yang diterima di mitra kantor pos ini berupa elektronik, logam mulia, serta BPKB kendaraan baik motor atau mobil. Kita sistemnya fiducia jadi mobilnya tetap bisa dibawa," kata Teguh. Transaksinya, kata dia, juga sangat cepat, karena prosesnya hanya sekitar 15 menit lalu dalam waktu satu jam uang sudah dicairkan.

Meski begitu, ia masih enggan menyebutkan target transaksi setelah berkolaborasi dengan Pos Indonesia. "Nanti kita share ke media kalau sudah berjalan setahun ke depan. Hanya saja dari kami berencana ngejar satu persen existing industri dalam satu sampai dua tahun ke depan," tuturnya.

Direktur Ritel dan Sumber Daya Manusia Pos Indonesia Ira Puspadewi menyambut baik kerja sama ini. Hal itu karena, perseroan memang ingin lebih dekat dengan nasabah milenial, dan segmen pengguna Pinjam.co.id memang anak muda berusia 20 sampai 40 tahun.

"Kalau di tempat gadai lain mungkin di atas 40 tahun tapi di sini segmennya anak muda. Jadi dilamar sama Pinjam.co.id ini seperti mukjizat bagi kami dalam proses transformasi besar-besaran untuk terus maju," jelas Ira pada kesempatan serupa.