Sabtu , 17 Juni 2017, 12:01 WIB

Tingkatkan Perekonomian, Mariam Buka Tiga Warung Makan

Red: Gita Amanda
Amartha
Mariam gigih memperbaiki kondisi perekonomian keluarga
Mariam gigih memperbaiki kondisi perekonomian keluarga

REPUBLIKA.CO.ID, Peluang usaha bisa diperoleh dari mana saja. Seperti yang Mariam (43 tahun) lakukan, semangat untuk meningkatkan perekonomian keluarga membuatnya selalu gigih dalam menekuniusahanya. Mariam adalah salah satu mitra Amartha yang mendirikan usaha warung makan sejak lima tahun yang lalu. Ragam menu makanan dan rasa yang pas di lidah, membuat warung Mariam tidak pernah sepi pembeli. Selain itu Mariam juga mematok harga yang relatif murah untuk aneka makanan yang ia jual di warungnya.

Lokasi rumah Mariam yang berdekatan dengan sekolah dan memiliki banyak tetangga merupakan salah satu peluang yang mampu ia manfaatkan untuk mendirikan usaha warung makan. Ramainya warung makan Mariam membuatnya berharap bisa memperbesar warungnya tersebut, agar pelangganpun merasa lebih nyaman.

“Disini enak, dekat sekolah dan banyak tetangga juga jadi sering yang pada beli makanan, pengen rasanya gedein warung, supaya kalau ramai pembeli bisa duduk semua, dan supaya lebih nyaman,” ujar Mariam menceritakan kondisi warungnya kala ramai.

Penghasilan Mariam dari usaha warung makan dalam sehari mencapai Rp 400 RibU. Uang tersebut Mariam gunakan untuk keperluan sehari–hari dan juga modal warung makannya. Pendapatan suami Mariam yang sehari–hari bekerja sebagai security belum mampu mengakomodir seluruh kebutuhan keluarganya. Terlebih Mariam dan suami memiliki tiga anak yang masing–masing masih duduk di bangku sekolah menengah kejuruan, sekolah menengah pertama, dan taman kanak–kanak. Maka dari itu, Mariam sangat gigih berusaha agar semua kebutuhan sekolah anak–anaknya dapat terpenuhi.

Kurang lebih sudah satu tahun Mariam bergabung sebagai mitra Amartha, keinginan untuk memperbesar warung makannya lah yang mendorong Mariam untuk mencari modal tambahan kala itu.

“Ya Alhamdulillah saya dapat uang dari Amartha 3 juta, bisa untuk gedein warung dan tambah modal untuk beli bahan makanan, jadi makanan yang bisa dijual di warung makin banyak,” ujar Mariam menceritakan usahanya mendapatkan modal kala itu.

Mariam adalah seorang Ibu sekaligus istri yang tak pernah lelah merajut asa dan wujudkan harapannya. Ia tak pernah menyerah untuk selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi kemajuan ekonomi keluarganya. Harapannya setahun lalu untuk memperbesar warung makannya pun telah terwujud. Warung itulah yang menjadi salah satu sumber pendapat terbesar Mariam sehari–hari.

Ramainya warung makan Mariam, membuat tekad Mariam semakin bulat untuk menyisihkan sebagian keuntungan dari pendapatan untuk dijadikan modal mendirikan cabang warung makan baru di tempat lain. Mariam sadar betul bahwa kunci keberhasilan yang ia raih adalah keuletan, kegigiham dan keberanian dalam mengambil peluang.

Kini harapan itu telah terwujud, Mariam telah memiliki 2 cabang warung makan yang berada tidak jauh dari tempat ia tinggal yaitu desa Cibeteung, Parung. “Syukur alhamdulilah, saya sekarang sudah ada 2 lagi warung makan, ya biarpun sederhana dan masih kecil tapi insyaallah bisa untuk bantu–bantu tambah penghasilan suami dan untuk kebutuhan anak–anak,” ujar Mariam.

Amartha telah berhasil menjangkau lebih dari 34 ribu anggota pelaku usaha kecil dan mikro di berbagai pelosok pedesaan dengan total dana tersalurkan lebih dari Rp 84 miliar. Mariam yang telah bergabung selama satu tahun mengaku sangat terbantu dengan adanya pembiayaan dari Amarha. Mariam berharap dengan terus bergabung bersama Amartha, usaha warung makan yang ia jalankan dapat semakin maju dan berkembang sehingga hidup keluarganya lebih sejahtera.

Berita Terkait