Jumat , 16 Juni 2017, 14:07 WIB

Aplikasi Pinjaman UangTeman Naik 80 Persen Selama Ramadhan

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nidia Zuraya
Uangteman.com
Uangteman.com

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI -- Perusahaan layanan pinjaman online mikro di Indonesia, UangTeman, mencatatkan kinerja positif di bulan Ramadan tahun ini. Terhitung, sejak momen menyambut puasa di 2017, jumlah aplikasi pinjaman yang masuk ke UangTeman naik signifikan sekitar 80 persen dibandingkan momen yang sama pada tahun lalu.

Director Marketing and Communications UangTeman, Donna Arifin mengatakan, pencapaian tersebut menunjukkan tingkat kebutuhan dan kepercayaan masyarakat terhadap UangTeman semakin bertambah. Selain itu karena kemudahan akses kepada masyarakat dan semua proses tanpa tatap muka serta tanpa adanya jaminan.

“Tren pertumbuhan terus diukir oleh UangTeman setelah di kuartal pertama tahun ini, total penyaluran pinjaman kami juga naik 100 persen menjadi sekitar Rp 20 miliar dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya,” ujar Donna di Jambi dalam rilis yang diterima Republika, Jumat (16/6).

Dia pun menyatakan, dari data Google Analytics, jumlah orang yang berkunjung langsung ke website www.uangteman.com selama dua bulan terakhir memasuki bulan puasa tahun ini mencapai lebih dari 200 ribu orang. Tingginya animo masyarakat, kata Donna, juga menunjukkan inovasi teknologi yang terus dikembangkan oleh UangTeman mampu memberikan solusi tepat bagi masyarakat di Indonesia yang membutuhkan pinjaman uang secara online, proses yang sangat cepat, akses yang sangat mudah, dan tanpa jaminan.

Head of Public & Government Relations UangTeman, Rimba Laut mengungkapkan, saat ini UangTeman menjadi layanan pinjaman berbasis teknologi atau financial technology (fintech) pertama dan satu-satunya yang telah melayani masyarakat di luar Pulau Jawa. Menurutnya, lebih dari 6 ribu nasabah UangTeman telah tersebar di Jabodetabek, Surabaya, Magelang, Solo, Sidoarjo, Semarang, Bandung, Yogyakarta, Bali, Makassar, Lampung, Palembang, Jambi, dan Balikpapan.

Dengan demikian ia menilai, ekspansi ke luar Pulau Jawa turut menjadi faktor adanya lonjakan transaksi penyaluran pinjaman kepada nasabah di Ramadan tahun ini.  "Kalau melihat data tahun lalu, saat menjelang hari Raya Idul Fitri, total pinjaman yang disalurkan oleh UangTeman naik sekitar 40 persen dibandingkan bulan normal. Nah, tahun ini tentu kenaikannya lebih tinggi seiring dengan semakin cepatnya teknologi UangTeman dalam memproses setiap pengajuan aplikasi yang masuk,” jelas Rimba.

Menurut Rimba, lonjakan transaksi pinjaman di UangTeman saat momen Ramadan dan menjelang hari raya Idul Fitri masih sebagian besar berasal dari wilayah Jabodetabek. Adapun jumlah kontribusinya, ungkap dia, mencapai sekitar 40 persen hingga 50 persen dan sisanya cukup merata di tiap-tiap kota yang sudah dilayani oleh UangTeman.