Jumat , 03 March 2017, 19:19 WIB

Bank Bukopin Dukung Ekosistem Startup ​Fintech

Red: Dwi Murdaningsih
bukopin
Bank Bukopin mendukung 1000 startuo bidang fintech.
Bank Bukopin mendukung 1000 startuo bidang fintech.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Bukopin mendukung tumbuhnya startup fintech melalui program inovasi dan transformasi digital BNV Labs dan gerakan nasional seribu startup. Direktur Utama Bank Bukopin, Glen Glenardi mengatakan sebagai pasar terbesar dengan lebih dari 40 persen total penduduk Asia Tenggara, Indonesia berpotensi menjadi kekuatan ekonomi digital di wilayah ini.

Bank Bukopin menjawab tantangan tersebut dengan mendukung percepatan ekosistem startup Indonesia, serta menginisiasi program-program pembinaan dan edukasi calon pendiri​ startup untuk mendorong inovasi. Salah satunya Gerakan Nasional 1000 Startup Digital yang bertujuan menciptakan 1.000 startup berkualitas di Indonesia, yang diprakarsai oleh KIBAR dan didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

“Bank Bukopin hadir untuk menjadi pendukung utama ​Gerakan Nasional 1000 Startup Digital.​ Kami menyiapkan diri dari berbagai lini, untuk menyambut dan memanfaatkan berbagai peluang dan kesempatan untuk menciptakan lebih banyak pelaku startup​ fintech​ yang mampu memberikan solusi untuk Indonesia,” ujar Glen Glenardi.
 
Chief Executive KIBAR Yansen Kamto, selaku penggagas ​Gerakan Nasional 1000 Startup Digital mengatakan kolaborasi ini diharapkan dapat saling bersinergi dan memberi dampak besar terhadap ekonomi digital di Indonesia. Kolaborasi Bank Bukopin dengan KIBAR tidak hanya ditunjukkan dalam dukungan di ​Gerakan Nasional 1000 Startup Digital saja, namun juga dalam membangun BNVLabs.

Ini merupakansebuah program terintegrasi yang mendorong berkembangnya ekosistem ​fintech di Indonesia, yang bertujuan menumbuhkan lebih banyak ​startup fintech yang mampu menciptakan solusi kolaboratif bersama-sama dengan pelaku industri keuangan dan perbankan. BNVLabs juga menyediakan ruang eksperimen yang menjadi katalis bagi para​ startup founder, kreator, dan kolaborator untuk bekerjasama menciptakan solusi di bidang finansial.  
 
Untuk mendorong transformasi tersebut, BNVLabs akan fokus pada tiga elemen utama yakni people, program dan place. Pertama, People BNVLabs membangun tim inovasi untuk mendorong transformasi internal dan menghubungkan Bank BUKOPIN dengan para pelaku yang memiliki kesamaan visi. Kedua, yakni program. NVLabs menjalankan program inkubasi startup dengan fokus utama untuk mengintegrasikan solusi digital yang dapat memaksimalkan sistem perbankan yang sudah berjalan saat ini. Ketoga, mendirikan ​coworking space sebagai wadah untuk berkolaborasi bagi orang-orang dari berbagai bidang.

“Kerjasama ​Gerakan Nasional 1000 Startup Digital​ dan Bank Bukopin merupakan langkah strategis untuk membantu startu​ digital​ khususnya di bidang ​fintech agar dapat tumbuh subur," kata pria yang akrab disapa Bung Kamto ini.