Jumat , 08 December 2017, 08:15 WIB

Jaringan Gas di Mojokerto Telan Dana Rp 55 Miliar

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Nur Aini
Antara
Pembangunan jaringan gas.
Pembangunan jaringan gas.

REPUBLIKA.CO.ID, MOJOKERTO -- PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) telah menuntaskan pembangunan jaringan gas (Jargas) rumah tangga sebanyak 5.000 sambungan rumah (SR). Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pembangunan jargas Mojokerto Timbul Duffy mengungkapkan, pemasangan 5.000 pipa jargas rumah tangga tersebut menghabiskan dana sebesar Rp 52,6 miliar.

"Total dana yang dihabiskan untuk pembangunan jargas di Mojokerto ini, kontrak dengan PT PGAS Solution sebagai pelaksana proyek sebesar Rp 52,6 miliar. Kemudian ada juga perusahaan yang ditunjuk sebagai pengawas proyek yang kontraknya sebesar Rp 2,4 miliar," kata Timbul dalam pemaparannya di Mojokerto, Jumat (8/12).

Timbul mengaku bersyukur, karena dalam pelaksanaannya, baik pemerintah Mojokerto, pejabat daerah setempat, hingga masyarakat, berperan aktif membantu melancarkan proyek. Sehingga, proyek yang wajib selesai dalam jangka waktu satu tahun tersebut, bisa selesai tepat waktu, bahkan lebih cepat.

"Konntak kan dilakukan tanggal 21 April dengan PT PGAS solution. Sekarang, itu sudah selesai, dan nanti 16 Desember kita lakukan serah terima pekerjaan dan untuk berlanjut ke tahap berikutnya," ujar Timbul.

Namun demikian, Timbul belum mengetahui kapan aliran gas tersebut bisa dinikmati masyarakat. Menurutnya, yang pasti pipa-pipa jaringan gas yang dipasang sudah siap dialiri gas kapan saja. Timbul hanya mengatakan, rencananya pengaliran gas ke rumah-rumah warga dimulai pada awal tahun 2018.

"Kita kan cuma menyelesaikan proyeknya, kalau pengalirannya nanti di tahap berikutnya. Semoga secepatnya," kata Timbul.