Kamis , 09 November 2017, 10:14 WIB

PGN Sumsel akan Gelar Edukasi Pencegahan HIV-AIDS

Red: Dwi Murdaningsih
pixabay
HIV/AIDS
HIV/AIDS

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Perusahaan Gas Negara (pgn) cabang Palembang, Sumatera Selatan berupaya mengedukasi karyawan dan pelanggannya mengenai cara mencegah dan menanggulangi serangan virus Human Immunodeficiency Virus dan Acquired Immunodeficiency Syndrome/Acquired Immune Deficiency (HIV-AIDS).

"Kegiatan sebagai wujud kepedulian kepada karyawan dan pelanggan itu dikemas dalam edukasi kesehatan program Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AIDS (P2HIV) yang dijadwalkan berlangsung di Kantor PT PGN (Persero) Tbk, Jalan Merdeka Palembang pada 14 November 2017," kata Panitia Pelaksana Acara Dian.

Selain edukasi kesehatan, panitia juga akan melakukan Voluntary Conseling Test (VCT) yakni proses konseling sebelum tes (pra testing), konseling setelah tes (post testing), dan testing HIV secara sukarela yang bersifat meyakinkan (confidential) dan secara lebih dini membantu orang mengetahui status HIV, katanya.

Menurut dia, pihaknya berupaya melakukan edukasi pencegahan dan penanggulangan penyakit HIV-AIDS untuk melindungi karyawan dan pelanggan terjangkit penyakit yang disebabkan virus itu. Melalui kegiatan itu bisa memberikan pemahaman untuk meningkatkan kewaspadaan dan menghilangkan kesan ketakutan berlebihan tertularnya penyakit tersebut.

Virus HIV-AIDS tidak menular melalui kontak sosial seperti berjabatan tangan, menggunakan peralatan makan bersama, menggunakan kamar mandi bersama, ataupun terpapar batuk/bersin dari orang pengidap penyakit yang sulit disembuhkan itu.

Selain itu, gigitan nyamuk atau serangga lainnya juga tidak dapat menularkan virus HIV-AIDS, sehingga untuk mencegah penyebaran penyakit itu harus benar-benar memahami proses penularannya dan tidak perlu menjauhi orang dengan HIV-AIDS (ODHA).

"Melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan pemahaman karyawan dan pelanggan PGN bahkan masyarakat secara umum dalam pencegahan dan penanggulangan HIV-AIDS di Ibu kota Provinsi Sumatera Selatan ini," kata Dian.



Sumber : antara