Kamis , 12 October 2017, 11:54 WIB

Dorong Konsumsi Gas Bumi, PGN Incar Kawasan Industri

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Nidia Zuraya
pt pgn
pipa gaspgn (ilustrasi)
pipa gaspgn (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Perusahaan Gas Negara Tbk (Persero) membidik seluruh kawasan industri di tanah air. Hal ini sebagai upaya memperluas pemanfaatan gas bumi ke berbagai daerah.

Misi PGN menyalurkan gas bumi di seluruh kawasan industri ini sejalan dengan rencana pemerintah menggenjot peningkatan investasi baru yang terintegrasi dalam satu kawasan.

"Pasokan gas bumi di kawasan industri ini adalah upaya kami merealisasikan program konversi energi ke gas bumi,"
Direktur Komersial PGN Danny Praditya melalui keterangan tertulis yang diterima, Kamis (12/10).

Pemanfaatan bahan bakar gas juga telah terbukti lebih efisien memberi keuntungan bagi pelaku usaha, sehingga bisa menekan ongkos produksi dan mendorong daya saing industri nasional. Kinerja penyaluran gas bumi PGN tercatat mengalami peningkatan sepanjang kuartal III-2017 sebesar 17 persen dibandingkan kuartal II-2017.

"Kenaikan ini dikontribusikan dari peningkatan konsumsi gas baik yang berasal dari sektor industri maupun dari sektor kelistrikan," kata Danny.

Sementara itu Komisi VII DPR Herman Khoeron mengatakan, pemerintah saat ini terus mendorong pemanfaatan energi yang kinitelah terkonversi ke gas. Selain gas, pemanfaatan energi lain seperti matahari, angin dan air juga terus didorong.

"Bisa kalau terjamin keamanannya, kita juga bisa menggunakan energi nuklir," ujar dia.

Berita Terkait