Rabu , 30 September 2015, 19:16 WIB

Peluncuran Tabung 5,5 Kg Masih Dimatangkan

Red: Teguh Firmansyah
Republika/Agung Supriyanto
 Pekerja melakukan proses bongkar muat gas tabung elpiji 12 kilogram di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta, Rabu (16/9).
Pekerja melakukan proses bongkar muat gas tabung elpiji 12 kilogram di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta, Rabu (16/9).

REPUBLIKA.CO.ID, PT Pertamina (Persero) belum dapat mengumumkan jadwal peluncuran gas ukuran 5,5 kilogram karena masih dalam pematangan.

External Relation Pertamina Marketing Operation Region I Brasto Galih Nugroho di Medan, Rabu, mengatakan, produk 5,5 kg itu memiliki kelebihan yakni mudah untuk dibawa ke lokasi tertentu.

Lantaran nonsubsidi, gas ukuran 5,5 kg tersebut direncanakan akan dijual untuk segmen ekonomi menengah, kelompok berkemampuan, dan kalangan usaha nonmikro. "Untuk usaha mikro disediakan gas 3 kg," katanya.

Di Jakarta, kata dia, gas nonsubsidi ukuran 5,5 kg tersebut ditujukan untuk keluarga yang tinggal di rumah susun. Dengan ukuran yang tidak terlalu besar, produk Pertamina yang terbaru itu dapat dibawa-bawa karena memiliki berat yang relatif mudah diangkut.

"Konsumen yang ingin membeli gas nonsubsidi tetapi mudah dibawa, (ukuran 5,5 kg) itu solusinya," kata Brasto.

Meski mengakui adanya keunggulan produk, tetapi Pertamina masih melakukan pematangan produk terlebih dulu sebelum diluncurkan dan dipasarkan ke masyarakat. Cukup banyak yang perlu dipersiapkan sebelum memperkenalkan dan memasarkan produk terbaru Pertamina tersebut kepada konsumen. "Harga juga belum ditetapkan, masih dalam pengkajian," ujar Brasto.

Sumber : Antara