Senin , 13 Maret 2017, 14:04 WIB

5.000 Konverter Kit Gratis Dibagikan demi Penggunaan BBG

Rep: Frederikus Bata/ Red: Dwi Murdaningsih
Konverter Kit
Konverter Kit

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah menggalakkan penggunaan konverter kit pada mobil. Hal ini sesuai dengan prioritas negara mengkonversi Bahan bakar minyak ke bahan bakar gas. "Pancingan dari pemerintah, tahun ini menyediakan sekitar 5000 konverter kit," ujar Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar di lapangan parkir IRTI Monas, Jakarta, Senin (13/3).

Ribuan Konverter Kit tersebut, kata Arcandra dibagikan secara gratis. Para pemilik mobil di kalangan pemerintah bakal menjadi pemantik. Ia menjelaskan kementerian ESDM menyediakan anggaran pembangunan infrasruktur tersebut. "Untuk konverter kit-nya nilainya satu konverter kit bisa Rp 23 juta ya, dan itu kita sediakan secara gratis," kata Arcandra.

Ia menerangkan, saat ini dalam sehari terjadi 1.800 transaksi kendaraan berbahan gas. Ia berharap makin banyak pengguna mobil memakai gas sebagai bahan bakarnya. Para pengusaha angkutan umum diharapkan terlibat. Menurut Arcandra biaya operasional para pengusaha tersebut dalam mengoperasikan kendaraan bisa ditekan.

"Dengan konverter kit, sebulan hemat Rp 3 juta. Dalam 9 bulan, balik modal," kata dia.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas) Kementerian ESDM, IGN Wiratmaja Puja mengatakan, pihaknya menyiapakan 5.000 konverter kit dengan rata-rata harga per satu unit Rp 20 juta. Untuk stasiunnya pemerintah mendorong swasta terlibat.

"Kita mendorong swasta (membangun SPBG). Gasnya disediakan oleh PGN bekerjasama dengan Pertamina," ujar Wirat.