Rabu , 08 March 2017, 03:42 WIB

Warga Ogan Ilir Kembali Nikmati Jaringan Gas Kota

Red: Hazliansyah
foto istimewa
Petugas PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) sedang memasang jaringan pipa gas bumi. ilustrasi
Petugas PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) sedang memasang jaringan pipa gas bumi. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Warga Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan akhirnya dapat menikmati manfaat sambungan jaringan gas kota, setelah gas tersebut mulai mengalir ke rumah pelanggan pekan lalu.

"Dengan dialirkannya jaringan gas di Ogan Ilir ini, warga bisa mendapatkan suplai gas kontinyu 24 jam dengan lebih mudah dan kami juga meminta dukungan warga agar bisa saling menjaga instalasi jaringan pipa di lingkungan masing-masing," kata Presiden Direktur PTGN, Linda Sunarti di Palembang, Selasa.

Menurut dia, hingga Senin (6/3), telah ada 124 unit kompor warga yang telah menggunakan jaringan gas kota. Pengaliran pertama dilakukan di Kelurahan Indralaya Indah serta Tanjung Steko dan akan dilakukan secara bertahap hingga seluruh 3.725 Sambungan Rumah tangga (SR) teraliri gas.

Sesuai Kepmen ESDM No.3328K/12/MEM/2015, jaringan gas di Kabupaten Ogan Ilir ini adalah program Ditjen Migas, Kementerian ESDM yang dibangun menggunakan dana APBN dan penugasannya diserahkan kepada PT Pertamina (Persero).

Selanjutnya PT Pertamina (Persero) menunjuk afiliasinya PT Pertagas Niaga (PTGN) yang bermitra dengan PD Petro Ogan Ilir untuk mengoperasikan jaringan gas.

Kabupaten Ogan Ilir menjadi wilayah kedua di Sumatera Selatan yang mendapatkan program jaringan gas setelah Kota Prabumulih.

Suplai untuk jaringan gas Ogan Ilir sebanyak 0,2 MMSCFD diperoleh dari sumur PT Pertamina EP yang disalurkan melalui pipa transmisi PT Pertamina Gas.

Sambungan jaringan gas Ogan Ilir mencakup wilayah Kelurahan Timbangan, Tanjung Steko, Indralaya Indah, Indralaya Utara, Indralaya Utara dan Indralaya Mulia.

Linda menambahkan bahwa program jaringan gas Kementerian ESDM di Sumatera Selatan ke depan terus bertambah, karena tahun ini di Muara Enim dan Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) akan dibangun jaringan gas masing-masing kabupaten sebanyak 5.000 SR.

Jaringan gas adalah program pemerintah untuk mendorong diversifikasi energi dan mengurangi subsidi serta impor LPG.

Selain di Ogan Ilir, Sumatera Selatan, PTGN dalam waktu dekat akan mengalirkan jaringan gas di Kabupaten Subang dan Cilegon. Pada tahun 2017 PT Pertamina (Persero) ditugaskan untuk membangun instalasi jaringan gas baru di enam kota guna mengejar target tersambungnya 130.880 SR tahun ini.

"Target pertambahan pelanggan jaringan gas meningkat luar biasa dua tahun ke depan. Ini artinya Pertamina serius dan berkomitmen untuk mendukung program pemerintah," katanya.

Sumber : Antara