Rabu , 08 June 2016, 13:47 WIB

BJB Siapkan Transfer Real Time untuk TKI

Rep: Sandy Ferdiana/ Red: Rahmat Santosa Basarah
Dirut BJB Ahmad Irfan (kiri) saat diwawancara wartawan sesaat sebelum meluncurkan program Transfer Real Time untuk TKI di Makkah, Arab Saudi (Rabu 8/6).
Dirut BJB Ahmad Irfan (kiri) saat diwawancara wartawan sesaat sebelum meluncurkan program Transfer Real Time untuk TKI di Makkah, Arab Saudi (Rabu 8/6).

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH – Kembali Bank BJB memberikan kemudahan bagi tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Arab Saudi. Kali ini, Bank BJB menyediakan layanan kiriman uang real time dari Tanah Suci ke Indonesia.

Program kiriman uang real time itu akan menjadi kabar baik bagi TKI yang hendak mengirimkan gajinya untuk keluarga di Indonesia. Dirut Bank BJB Ahmad Irfan mengatakan, untuk mempermudah proses remitansi, Bank BJB akan mempercepat proses pengiriman uang dari Arab Saudi ke Indonesia.

Wartawan Republika Sandy Ferdiana melaporkan dari Makkah, Irfan mengatakan bahwa pihaknya sengaja meluncurkan program tersebut karena sangat dibutuhkan oleh TKI. Sebelumnya, imbuh dia, proses pengiriman uang dari Arab Saudi ke Indonesia membutuhkan beberapa hari, kini bisa dilakukan secara real time.

"Saat ini dikirim, uangnya pun bisa langsung diterima oleh keluarganya di Indonesia," ujar Irfan, di Makkah, Rabu (8/6) pagi. Rencananya, Bank BJB akan meluncurkan produk tersebut di hadapan ratusan TKI sambil berbuka puasa bersama di Jeddah, Rabu (8/6) malam.

Irfan menjelaskan, program tersebut sangat dibutuhkan bagi TKI saat bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Biasanya, papar dia, para TKI kerap mengirimkan sebagian penghasilannya untuk keluarga di Tanah Air saat Ramadhan. Menurut dia, TKI yang bekerja di Arab Saudi mencapai sekitar 1,2 juta orang