Rabu, 17 Rajab 1436 / 06 Mei 2015
find us on : 
  Login |  Register

Juknis Mobil Murah Akan Diluncurkan Jumat

Kamis, 01 Agustus 2013, 05:31 WIB
Komentar : 1
r3870me
Mobil murah (ilustrasi)
Mobil murah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Petunjuk teknis (juknis) mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC) akan diluncurkan Jumat, kata Dirjen Industri Alat Transportasi dan Telematika (IATT) Kementerian Perindustrian Budi Darmadi.

"Diusahakan Jumat (2/8)," katanya, di Jakarta, Rabu malam, menanggapi pertanyaan kapan juknis LCGC akan diumumkan. Budi mengatakan juknis tersebut sudah jadi, hanya masalah administrasi di biro hukum Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Juknis itu antara lain mengatur penggunakan merek lokal untuk LCGC dan sejumlah kriteria teknis lainnya. Budi juga menegaskan program LCGC akan tetap jalan meskipun sejumlah kalangan ada yang khawatir keberadaan mobil murah itu bakal menambah kemacetan, khususnya di Jakarta.

Menurut dia, dari ratusan kabupaten/kota di Indonesia, paling hanya sekitar 50 kabupaten/kota yang macet, selebihnya banyak daerah jauh dari kemacetan.

"Terlalu besar kalau hanya persoalan itu. Ini (LCGC) untuk kepentingan nasional dan industri kita," ujar Budi.

LCGC, kata dia, menciptakan efek berantai berupa masuknya sekitar 60 industri komponen baru dan menyerap 30 ribu tenaga kerja baru, serta menumbuhkan sektor pembiayaan.

"Kebijakan ini (LCGC) memang tidak nyaman bagi importir (mobil), tapi nyaman bagi industri," kata Budi.

Redaktur : Taufik Rachman
Sumber : antara
Sesungguhnya Kami telah mengutus (Muhammad) dengan kebenaran; sebagai pembawa berita gembira dan pemberi peringatan, dan kamu tidak akan diminta (pertanggungjawaban) tentang penghuni-penghuni neraka. ((QS.Al-Baqarah [2]:119))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Menag Minta Peran Masyarakat Jaga Keakuratan Alquran Digital
JAKARTA -- Perkembangan teknologi membuat Alquran kini sudah bisa diakses secara digital. Untuk mengawasi itu, Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin sudah menugaskan lembaga...