Wednesday, 22 Zulqaidah 1435 / 17 September 2014
find us on : 
  Login |  Register

Dampak Aturan BI, Penjualan Mobil Diperkirakan Menurun

Thursday, 12 July 2012, 16:36 WIB
Komentar : -1
Gaikindo
Gaikindo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tingginya uang muka (Down Payment atau DP) sudah mempengaruhi penjualan mobil. Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), Sudirman Maman Rusdi, mengatakan saat ini Gaikindo masih menunggu informasi mengenai dampak naiknya DP mobil per 15 Juni lalu.

"Kami masih menunggu informasi dari teman-teman. Dampak untuk penjualan mulai terasa turun," kata Sudirman saat ditemui di kantor Kementerian perindustrian, Kamis (12/7).

Namun, menjelang bulan puasa, kata Sudirman, penjualan mobil cenderung mengalami peningkatan. Biasanya penjualan mobil naik hingga 10 persen. Ia berharap naiknya penjualan mobil di bulan puasa bisa mengompensasi penurunan penjualan mobil yang terjadi sebulan terakhir. Penurunan cukup terasa pada mobil dengan harga di bawah Rp 150 juta.

Meskipun dampak penurunan sudah mulai terasa, Gaikindo belum merevisi kembali target penjualan mobil di tahun ini. Sebelumnya, Gaikindo menargetkan bisa menjual mobil sebesar satu juta unit. Namun, aturan BI yang memperketat aturan penjualan mobil terpaksa membuat Gaikindo mengurangi target penjualan di April lalu menjadi 875 ribu unit hingga akhir tahun. "Kita lihat sampai akhir Septembur, baru Oktober nanti mungkin akan ada angka baru," ujar dia.

Reporter : Dwi Murdaningsih
Redaktur : Dewi Mardiani
Adapun orang-orang yang kafir dan mendustakan ayat-ayat Kami, mereka itu penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.(QS Al-Baqarah: 39)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Atasi Masalah Grafiti, ini Cara Kreatif Washington DC
WASHINGTON --  Kota besar seperti ibukota Amerika Serikat, Washington DC, juga menghadapi masalah graffiti karena semakin banyaknya dinding gedung dan tempat umum yang...