Ahad , 18 December 2011, 17:15 WIB

Agar Bisnis Moncer, Ini Empat Tips Bermitra Bisnis dengan Allah SWT

Rep: Agung Sasongko/ Red: Stevy Maradona
investasi-saham.com
Bisnis syariah
Bisnis syariah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Dalam berbisnis idealnya seorang pengusaha memiliki rekan yang handal, pengalaman, profesional, se-visi dan misi. Namun, rekan ideal macam itu ditemui.

"Padahal, ada rekan bisnis yang luar biasa profesional dan handal yakni Allah SWT. Dialah Tuhan kita, yang memberi dan mengatur rizki. Yang Maha menyempurnakan rencana bisnis dan usaha siapapun yang datang padanya," kata pendiri pesantren Tanfidz Daarul Quran, Yusuf Mansyur, saat berbicara dalam seminar Spiritual Business dan Spiritual Company di Jakarta, Ahad (18/12).

Untuk bermitra dengan Yang Maha Kuasa, kata dia, ada empat cara. Keempat cara ini apabila dilakukan dengan niat dan ikhlas maka Yang Maha Kuasa akan senang bermitra dengan pengusaha.

Cara pertama, bermitra dengan Allah SWT yakni shalat lima waktu. "Luangkan waktu, sempatkan diri, dan ajak siapa saja yang terlibat untuk bersujud pada-Nya. Fasilitasi dengan tempat ibadah yang nyaman, waktu khusus, pakaian yang layak dan lain sebagainya," paparnya.

Kedua, pilihlah bisnis yang benar dan dilakukan dengan benar , bersama orang yang benar. Maksudnya, ada kalanya pengusaha bermitra dengan rekan bisnis dengan sumber uang tidak halal. Lalu, ada kalanya pengusaha berbisnis pada bidang halal tapi curang terhadap rekan bisnis.

"Kalau kita sudah lakukan itu, artinya kita mau shalat, pilihlah bisnis yang legal dan sehat, lalu pilih mitra yang saleh lalu kita jalankan bisnis dengan penuh amanah," ungkapnya.

Ketiga, tetapkan niat dan tujuan. "Kalau bisnis yang dibangun berhasil maka jangan lupa diri dan sombong. Justru kita harus niatkan jiwa sosial saat bisnis tengah maju," kata dia.

Terakhir, jangan lupa berdoa. "Berdoa bukan sekedar pelengkap melainkan pendukung ketika kaki mulai terjejak di dunia bisnis, berdoalah di awal, tengah dan akhir, Insya Allah berkah," pungkas dia.