Tuesday, 7 Ramadhan 1439 / 22 May 2018

Tuesday, 7 Ramadhan 1439 / 22 May 2018

Radio Gen FM Jadi Nomor Satu, Divisi Penyiaran Mahaka Media Melesat

Kamis 21 July 2011 15:10 WIB

Red: Johar Arif

Penyiar Kemal menyapa para pendengar Gen FM.

Penyiar Kemal menyapa para pendengar Gen FM.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Divisi penyiaran Mahaka Media, sebuah grup usaha multimedia, menunjukkan peningkatan sangat pesat. Ini lantaran dua stasiun radio yang dimiliki oleh grup Mahaka, Gen FM dan Jak FM, mencatatkan pertumbuhan luar biasa.

Gen FM, yang mengudara di frekwensi 98,7, menjadi radio dengan jumlah pendengar terbanyak di Jakarta. Berdasarkan riset Nielsen Juni 2011, pendengar Gen FM mencapai 4.148.000. “Hal ini merupakan prestasi yang istimewa, karena baru kali ini sebuah radio non-dangdut menembus angka di atas 4 juta pendengar,” ujar rilis Mahaka.

Jumlah pendengar yang meningkat pesat juga disertai peningkatan revenue yang cukup tinggi.  Di semester pertama 2011, ujar rilis Mahaka, terjadi peningkatan revenue sebesar 27% dari periode sama 2010.

Gen FM, yang berdiri Agustus 2007, hanya membutuhkan beberapa bulan untuk menciptakan awareness yang kuat sebagai radio yang fun, lokal, dan muda, dengan target pendengar berusia 18-24 tahun.

Salah satu program unggulan yang sangat disukai adalah “Salah Sambung” yang dibawakan host Kemal dan TJ pada acara “Semangat Pagi”. Selain itu, Gen FM juga menggelar acara-acara off-air seperti “Genfest” yang diadakan setiap tahun untuk merayakan ulang tahun radio tersebut. Gen FM kini juga mengudara di di Surabaya di frekuensi 103.1 fm.

Unit usaha penyiaran lainnya yang juga mencatatkan pertumbuhan sangat pesat adalah radio 101 Jak FM . Menurut survey Nielsen, radio yang menargetkan segmen usia 25-35 tahun ini kini menjadi nomor satu di kelasnya  dan peringkat ke-11 untuk seluruh kategori, dengan jumlah pendengar 1.054.000. Peningkatan revenue JakFM pada semester pertama 2011 tercatat sebesar 89% dari periode sama tahun sebelumnya.

Direktur Utama Mahaka Media, Adrian Syarkawi, mengatakan peningkatan sebesar 89% sangat jarang terjadi dalam bisnis radio. Ia mengatakan pertumbuhan ini didukung program-program unggulan yang selalu ditunggu para pendengar setia. Program-program off-air juga turut mendukung pencapaian prestasi ini.

Salah satu program unggulan 101 Jak fm adalah “Breakfast at 101” oleh penyiar Ronal dan Tike, yang menyapa para pendengarnya dengan “Tawco” atau “Tawaran Ngaco” serta “Parodi Roti”, yang merupakan parodi lagu-lagi yang sedang hits saat itu. Program Ronal dan Tike ini juga dapat disaksikan di Jak TV, salah satu stasiun TV milik Mahaka, dalam program “Roti Bakar”.

Unit usaha penyiaran lainnya yang dimiliki Mahaka Media adalah Jak TV dan Alif TV. Jak tv merupakan stasiun televisi lokal Jakarta yang berdiri sejak 2005 dengan target pemirsa berusia di atas 30 tahun. Sedangkan Alif tv, yang menargetkan komunitas Muslim, merupakan televisi berbayar yang tampil di Telkomvision.

Selain penyiaran, Mahaka Media memiliki tiga divisi lainnya, yakni Media Digital, Media Luar Ruang (Billboard dan LED Screen, Film Animasi, dan Teater 4D) dan Media Cetak  (Surat Kabar, Majalah, dan Penerbit Buku).

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA