Minggu, 5 Zulqaidah 1435 / 31 Agustus 2014
find us on : 
  Login |  Register

Merpati Buka Rute Bandung-Semarang, Harga Tiketnya Rp 200 Ribu

Selasa, 19 Juli 2011, 09:40 WIB
Komentar : 0
Xian
Xian MA-60 yang digunakan Merpati Nusantara Airlines.
Xian MA-60 yang digunakan Merpati Nusantara Airlines.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- PT Merpati Nusantara Airlines (Merpati) melakukan penerbangan perdana rute Bandung-Semarang, Selasa (19/7) pagi. Penerbangan dengan pesawat MA-60 ini merupakan bagian dari paket commuter services, yang melayani penerbangan dengan waktu tempuh 45-75 menit untuk setiap kota pemberhentian.

"Bandung ini ibarat gerbang yang indah untuk Indonesia," kata EVP Commercial Merpati, Tonny Aulia Achmad, di Bandara Husein Sastranegara, Selasa (19/7). Bandung menjadi titik tolak dari rute-rute penerbangan baru Merpati yang mulai diluncurkan sejak awal bulan ini.

Rute Bandung-Semarang, merupakan kelanjutan dari rute Halim-Tanjung Karang-Palembang dan Halim-Bandung-Yogyakarta, yang sudah lebih dulu diluncurkan. Rute Bandung-Semarang juga merupakan sambungan penerbangan yang berangkat dari Bandara Halim, Jakarta.

Tonny mengatakan, Bandung adalah alternatif strategis untuk menggantikan bandara Soekarno Hatta yang sudah padat dan memiliki kerumitan akses untuk menjangkaunya. Kota ini juga masih masuk daftar favorit kunjungan wisata. Bahkan, sepuluh rute penerbangan langsung -per hari- dari Malaysia dan Singapura ke Bandung pun memperlihatkan animo yang menggembirakan.

Sementara, pengoperasian 14 pesawat MA-60 tahun ini, termasuk rute Bandung-Semarang ini, diharapkan bisa meningkatkan share penerbangan Merpati, dari 7 persen pada saat ini menjadi 9 persen di akhir tahun.

Tonny mengatakan, Merpati juga menargetkan kenaikan share penerbangan mereka menjadi 14 persen pada 2012. Yaitu seiring rencana penambahan armada pesawat Boeing seri klasik mereka menjadi total 20 unit. Saat ini, Merpati memiliki tujuh Boeing tipe klasik, alias seri 300, 400, dan 500, dengan kapasitas 138-158 kursi.

Rencana strategis lain yang akan dilakukan Merpati, tambah Tonny, adalah membuka rute penerbangan langsung dari Bandung ke Palembang dan dari Bandung ke Kalimantan. "Kami menjalankan misi pemerintah untuk mewujudkan waktu perjalanan singkat dengan biaya murah ke seluruh wilayah nusantara," ujar dia.

District Manager Merpati, Yanuar Fadhilah, menyebutkan harga tiket Bandung-Semarang selama masa promosi adalah Rp 200 ribu. "Setelah masa pronosi, mengikuti rate normal, di kisaran Rp 500-an ribu," ujar dia. Setiap hari, penerbangan Merpati berangkat dari Bandung menuju Semarang pada pukul 09.40 WIB.

Reporter : Palupi Annisa Auliani
Redaktur : Stevy Maradona
Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api(HR. Tirmidzi)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar