Selasa , 02 Januari 2018, 15:12 WIB

2018, Mana yang Lebih Unggul di Bidang Keuangan?

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Budi Raharjo
Reuters/Benoit Tessier
Bitcoin.
Bitcoin.

REPUBLIKA.CO.ID,NEW YORK -- Sektor apakah yang lebih unggul di tahun ini? Pantauan tahun sebelumnya, pada media-media ekonomi internasional, bitcoin unggul. Melalui voting masyarakat dari kolom website CNBC International, Bitcoin masih mengungguli kemauan masyarakat dalam bidang keuangan.

Di tahun 2018 pembelian harga tertinggi Bitcoin tehadap mata uang digitalnya kriptocurrency akan meningkat. Dengan satu prakiraan dapat memecahkan rintangan senilai 60 ribu dolar AS. Sementara bitcoin menanggung bahwa itu akan terhambat dan menurun.

Terlepas dari mana para investor berasal, bagaimanapun, tidak ada kegaduhan kenaikan fenomenal dalam mata uang digital yang meningkat lebih dari 1.000 persen pada tahun 2017.

Ke depannya, bitcoin diharapkan semakin diminati dan memungkinkan akan menghadapi pengawasan dan persaingan yang lebih ketat pada mata uang digitalnya kriptocurrency. Sementara itu, kelas aset yang lebih tradisional juga telah berjalan pada tahun lalu.

Pasar ekuitas secara global mencatat kenaikan kuat pada 2017, dengan rata-rata industri Dow Jones naik 25 persen dan S & P 500 naik hampir 20 persen. Tahun baru dapat dilihat saham menguat akibat pemotongan pajak perusahaan di Amerika Serikat.

Di sisi komoditas, minyak berada dalam fokus setelah harga minyak mentah AS berakhir di atas level 60 dolar AS untuk pertama kalinya sejak pertengahan 2015 pada hari perdagangan terakhir tahun 2017. Harga minyak telah meningkat dalam satu tahun terakhir karena indikasi kelebihan pasokan di pasar minyak global yang melakukan pengetatan.