Kamis , 16 November 2017, 16:28 WIB

Mau Tahu Siapa Saja Orang Terkaya di Cina Saat Ini?

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Budi Raharjo
AP
Pendiri perusahaan Alibaba, Jack Ma.
Pendiri perusahaan Alibaba, Jack Ma.

REPUBLIKA.CO.ID,BEIJING -- Bos raksasa e-commerce Cina, Alibaba, Jack Ma, tak lagi menjadi orang nomor dua paling kaya di daratan Cina versi majalah Forbes. Peringkat Jack Ma turun satu level meskipun kekayaan bersihnya meningkat lebih dari sepertiga menjadi 38,6 miliar dolar AS.

Miliarder teknologi terkaya di Asia, Pion Ma Tencent, yang dikenal sebagai Ma Huateng kini naik ke posisi kedua. Kekayaan Ma Huateng melonjak hampir 60 persen menjadi 39 miliar dolar AS.

Seperti ditulis BBC.com, Peringkat pertama orang terkaya di Cina jatuh kepada penggiat realestate, Hui Ka Yan. Pria 59 tahun yang dikenal sebagai u Jiayin ini adalah kelompok Evergrande di Cina. Kekayaannya meningkat lebih dari 400 persen dari tahun lalu menjadi 42,5 miliar dolar AS.

Kenaikkan besar dalam kekayaannya dipengaruhi kenaikan harga saham perusahaannya. Forbes mencatat ia menambahkan lebih dari 32 miliar dolar AS pada kekayaan bersih pada usaha properti.

Namun tetap saja kekayaan bersih Hui masih kurang dari separuh orang terkaya di dunia yaitu Bill Gates pendiri Mocrosoft. Meskipun begitu ia juga berada di belakang 10 orang terkaya di dunia termasuk Warren Buffet Berkshire Hathaway dan chief executive Amazo,n Jeff Bezos.

Hui memiliki saham mayoritas di salah satu tim sepak bola profesional Cina, klub sepak bola Guangzhou Evergrande Taobao. Tuan Hui bukan satu-satunya miliarder yang naik dalam peringkat. Beberapa pengembang properti China, pengusaha internet dan produsen mencatatkan keuntungan signifikan dalam kekayaan mereka tahun ini.

Selain pendiri Alibaba, Jack Ma, yang turun peringkatnya, Wang Jailin ketua konglomerat Cina Dalian Wanda Group juga merosot peringkatnya ke posisi keempat. Kekayaannya turun hampir 8 miliar dolar AS menjadi 25,2 miliar.

Beberapa catatan lainnya dari daftar orang terkaya di Cina pada 2017 menurut Forbes:

- Rata-rata umur mereka yang masuk dalam daftar adalah 55
- 10 besar termasuk seorang wanita - pengembang real estat, Yang Huiyan, 36 tahun
- Empat dari 100 teratas orang terkaya di Cina berusia di bawah 40 tahun
- Keempatnya memiliki bisnis di bidang properti, perangkat lunak, pesawat tak berawak dan les belajar di sekolah
- Dua sektor besar yang terwakili dalam daftar adalah real estat dan teknologi

Berita Terkait