Sabtu , 11 November 2017, 11:26 WIB

Bonanza Belanja, Penjualan Sehari Alibaba Tembus 8,6 Miliar Dolar

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Budi Raharjo
REUTERS
Alibaba Grup (ilustrasi)
Alibaba Grup (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,CINA -- Alibaba Group Holding Ltd memulai bonanza belanja 'Singles Day' tahunannya dengan mencatat penjualan sebesar 8,6 miliar dolar AS dalam satu hari. Pembeli dari setidaknya 192 negara dan wilayah mengerumuni raksasa e-commerce tersebut untuk meraup potongan lobster, iPhone dan kulkas, dengan kecepatan 256 ribu transaksi per detik, dilansir dari Bloomberg, Sabtu (11/11).

Perusahaan asal Cina tersebut mengadakan pesta dengan mengundang bintang tenis Maria Sharapova dan rapper Amerika Pharrell Williams untuk memompa penjualan. Seiring berlangsungnya acara, 93 persen transaksi dilakukan via mobile.

Analis memperkirakan hari rekor lain di platform Alibaba, dengan Citigroup Inc memprediksi kenaikan 31 persen dalam transaksi menjadi 158 miliar yuan (23,8 miliar dolar AS). Sementara itu hanya setengah dari tingkat pertumbuhan tahun lalu, masih mengerdilkan kejadian lain seperti Black Friday dan Cyber Monday.

Pendiri Alibaba, miliarder Jack Ma menggunakan acara tahun ini sebagai ujian bagi rencananya untuk mengubah sektor ritel tradisional Cina senilai 4 triliun dolar AS dengan teknologi, sebuah eksperimen yang dapat membantu raksasa e-commerce tersebut mendapatkan keuntungan di pasar ritel Cina yang mengalami kejenuhan.

"Pekerjaan yang telah dilakukan dalam integrasi offline dan online, tidak hanya dalam hal integrasi teknologi, namun data dan efisiensi untuk merek dan konsumen melalui personalisasi sangat besar," kata Presiden Alibaba, Mike Evans dalam sebuah wawancara di Bloomberg TV. "Kami melihat dampaknya dalam bisnis kami sehari-hari," katanya.