Selasa , 18 March 2014, 22:00 WIB

Gaikindo Yakin Target Penjualan Mobil 1,25 juta Unit Tercapai

Rep: Budi Rahardjo/ Red: Nidia Zuraya
www.hypermiler.co.uk
Penjualan mobil (ilustrasi).
Penjualan mobil (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penjualan mobil di Tanah Air tak terpengaruh momen pesta demokrasi, Pemilu dan Pilpres. Di awal tahun, penjualan mobil justru lebih banyak dibandingkan tahun lalu.

Berdasarkan data yang dilansir Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), hingga akhir Februari 2014, penjualan mobil mencapai 215.275 unit. Angka itu lebih tinggi karena pada periode yang sama tahun lalu, penjualan mobil sebesar 200.029 unit. Ini berarti terjadi kenaikan sebesar 7,6 persen.

Menurut Gaikindo, peningkatan aktivitas perekonomian masyarakat di seluruh pelosok Tanah Air, menjadikan industri kendaraan bermotor juga semakin tinggi. Dengan melihat angka penjualan sampai akhir Februari, Gaikindo optimistis terhadap pencapaian target 2014 sebesar 1,25 juta unit. Hal ini juga didukung oleh inovasi para APM yang menghadirkan berbagai spesifikasi mobil murah yang semakin terjangkau oleh masyarakat di luar Jakarta.

Padahal, realisasi penjualan mobil pada 2013 lalu merupakan rekor tertinggi yang pernah dicapai Gaikindo, yaitu kenaikan 13 persen produksi dan 10 persen transaksi dibandingkan tahun sebelumnya.