Kamis , 16 Januari 2014, 20:00 WIB

Tapering dan Ekonomi Cina Perlambat Pertumbuhan Global

Rep: Elba Damhuri/ Red: Hafidz Muftisany
blacktokyo.com
EKONOMI CINA: Pertumbuhan ekonomi Cina
EKONOMI CINA: Pertumbuhan ekonomi Cina

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Bank Dunia menyebut dua faktor yang bisa menghambat pertumbuhan ekonomi global pada 2014 ini. Keduanya, pengurangan stimulus ekonomi (Tapering off) oleh bank sentral Amerika dan perubahan struktur ekonomi di Cina.

Tapering, menurut Bank Dunia, akan berdampak pada likuiditas uang dan gejolak pasar finansial global. Sedangkan perubahan struktur ekonomi di Cina bisa mempengaruhi pertumbuhan di kawasan dan kerja sama ekonomi dengan negara-negara lain.

"Bagaimanapun juga, kinerja ekonomi global tetap sensitif terhadap kedua faktor itu," demikian pernyataan Bank Dunia pada situsnya, worldbank.org, Kamis (16/1).

Namun demikian, Bank Dunia memprediksi pertumbuhan ekonomi akan lebih baik pada tahun ini dibandingkan 2013. Pertumbuhan di negara-negara berkembang akan naik menjadi 5,3 persen dari 4,8 persen pada 2013.

Pertumbuhan ekonomi global diperkirakan naik dari 2,4 persen menjadi 3,2 persen pada tahun ini. Perbaikan ekonomi di negara-negara maju memberikan pengaruh besar atas kenaikan pertumbuhan global tersebut.

Berita Terkait