Kamis , 05 September 2013, 13:52 WIB

Dahlan Tinjau Pembuatan Pesawat Boeing 777 yang Dipesan Garuda

Red: Heri Ruslan
antara
Menteri BUMN Dahlan Iskan
Menteri BUMN Dahlan Iskan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri BUMN Dahlan Iskan mengunjungi pabrik pesawat Boeing di Seattle, Amerika Serikat, guna meninjau pembuatan Boeing 777 seri 300 pesanan PT Garuda Indonesia (Persero).

"Pesawat seri 777 Garuda yang ke-3 itu sudah hampir jadi dan akan dikirim ke Jakarta pada akhir Oktober 2013. Mesin dan keseluruhan bodinya sudah siap. Saat ini sedang dilakukan pemasangan kursi-kursinya," kata Dahlan, dalam siaran pers di Jakarta, Kamis.

Dahlan melakukan kunjungan ke markas Boeing atas undangan pejabat perusahaan itu, untuk meninjau langsung fasilitas pabrikan mulai dari pembuatan desain, perakitan dan penjualan pesawat jet komersial hingga perawatan yang berhubungan dengan produk dan pelatihan untuk pelanggan di seluruh dunia.

Pada kesempatan itu diutarakan Dahlan, dirinya dipersilahkan untuk naik dan masuk ke dalam pesawat yang dalam proses penyelesaian yang dipenuhi para pekerja memasang kursi.

"Pesawat itu akan dikirim ke Jakarta akhir bulan depan. Garuda membeli 10 pesawat jenis 777, dua di antaranya sudah beroperasi untuk penerbangan rute Jeddah," ujar Dahlan.

Mantan Direktur Utama PT PLN ini juga diajak meninjau fasilitas lainnya, pabrik yang khusus memproduksi Boeing 737, yang hanya berjarak sekitar satu kilometer dari lokasi pabrik Boeing 777.

"Beberapa pesawat 737 pesanan Garuda juga sedang dibuat, salah satunya siap dikirim ke Jakarta dalam dua minggu," ujar Dahlan.

Selain meninjau pabrik Boeing yang didirikan tahun 1916 tersebut, Dahlan juga mendiskusikan sekaligus mencari solusi penyelesaian masalah penerbangan di Tanah Air dengan para petinggi Boeing, termasuk Vice President Global Sales Commercial Airplanes, Jhon Wojick.

Indonesia memiliki hubungan baik dengan Boeing, sejalan dengan kerja sama PT Dirgantara Indonesia sebagai pemasok komponen pesawat bagi Boeing, juga termasuk dengan Garuda Indonesia yang banyak memesan dan menggunakan pesawat jenis Boeing.

Sumber : Antara