Rabu , 26 May 2010, 01:55 WIB

Arab Saudi Minati Investasi Bidang Perikanan

Rep: Cepi Setiadi/ Red: Siwi Tri Puji B
Rep
ilustrasi
ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID JAKARTA--Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad menerima kunjungan rombongan Bank Perkreditan dan Simpanan Arab Saudi, Selasa (25/5). Kunjungan yang dipimpin langsung ketuanya, Abdurrahman bin Fahad Al-Rasyid juga didampingi oleh Duta Besar Saudi Arabia untuk Indonesia, Abdurrahman Al Khayart.

Dalam kunjungan tersebut dibahas antara lain mengenai pengembangan kerjasama perdagangan produk kelautan dan perikanan Indonesia ke Arab Saudi. ''Selain itu,dibahas juga mengenai pengembangan budidaya perikanan dari Indonesia melalui pembelian teknologi perikanan Indonesia serta pengiriman tenaga ahli asal Saudi Arabia untuk belajar mengenai teknologi itu,'' kata Fadel.

Fadel menambahkan, dalam kunjungan tersebut, rombonganmengunjungi proyek-proyek berskala kecil di bidang budidaya ikan di laut maupun di darat. Di samping itu, lanjut Fadel, Bank Perkreditan Saudi juga bermaksud untuk membantu pembiayaan dan meningkatkan proyek-proyek untuk masyarakat pesisir, khususnya nelayan.

''Bank-bank perkreditan di Saudi Arabia telah menyatakan kesediaannya untuk memberikan fasilitas pinjaman kepada para pengusaha asal Negara Timur Tengah tersebut untuk berinvestasi di sektor perikanan Indonesia,'' terang Fadel. Fadel memperkirakan, untuk awal investasi diiperkirakan sekitar 10 juta hingga 20 juta dolar AS bagi pengusaha yang ingin berinvestasi.