Jumat , 06 October 2017, 15:59 WIB

Saudi dan Rusia Tingkatkan Kerja Sama Bisnis

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Elba Damhuri
EPA
Kota Moskow, Rusia.
Kota Moskow, Rusia.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Arab Saudi telah berinvestasi sebesar 1 miliar dolar AS untuk membangun kompleks petrokimia, Bandara Pulkovo, dan 20 proyek pembangunan lainnya di Rusia. Menteri Energi Rusia Alexander Novak mengatakan, saat ini Russian Direct Investment Fund dan Public Investment Fund Saudi telah berinvestasi sebesar lebih dari 1 miliar dolar AS untuk membangun proyek-proyek gabungan.

"Ini termasuk pembangunan pembangkit listrik tenaga air dan perusahaan logistik. Sementara 25 proyek lagi saat ini sedang kami pelajari," ujar Novak dilansir Xinhua, Jumat (6/10).

Novak telah bertemu dengan Menteri Perdagangan dan Investasi Arab Saudi Majed bin Abdulah Al Qasabi dalam Forum Investasi Rusia-Saudi. Dalam pertemuan tersebut, Rusia dan Arab Saudi sepakat akan membentuk kelompok kerja untuk menghilangkan hambatan investasi dan meningkatkan kerja sama ekonomi bagi keduanya.

Selain itu, kelompok kerja ini juga akan mengawasi berbagai hambatan administratif untuk kedua negara. "Kami akan membentuk kelompok kerja khusus yang akan mengawasi masalah hambatan administratif dan hambatan lainnya untuk memperlancar hubungan bisnis antarkedua negara," kata Novak.

Raja Salman selama beberapa hari mengunjungi Rusia bertemu Presiden Vladimir Putin untuk membicarakan sejumlah isu. Keduanya juga memperkuat kerja sama ekonomi terutama di sektor migas dan infrastruktur selain mendiskusikan isu-isu politik dan keamanan global, terutama terkait konflik di Timur Tengah.




Berita Terkait