Selasa , 26 September 2017, 09:09 WIB

Ekspor Mobil dan Perangkat Elektronik Korsel Melonjak

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Republika/Prayogi
Pekerja memeriksa mobil-mobil yang siap di ekspor / Ilustrasi
Pekerja memeriksa mobil-mobil yang siap di ekspor / Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Volume ekspor Korea Selatan sampai Agustus 2017 terus meningkat. Peningkatan ekspor ini disumbang oleh permintaan yang cukup tinggi untuk mobil dan semikonduktor.

Menurut Bank of Korea, indeks volume ekspor mencapai 142,29 pada Agustus 2017. Angka tersebut naik 8,5 persen dari year on year dan terus menguat selama sepuluh bulan sejak November 2016 lalu.

Dilansir Xinhua, Selasa (26/9), pertumbuhan ekspor disebabkan terjadinya permintaan yang cukup tinggi untuk chip dan mobil. Volume ekspor untuk perangkat listrik dan elektronik naik 6,6 persen, dan ekspor semikonduktor naik 20,2 persen.

Sementara itu, volume ekspor untuk peralatan transportasi naik 15 persen, dengan ekspor mobil penumpang melonjak 26 persen. Dari sisi volume, ekspor mesin umum, mesin presisi, dan produk minyak membukukan kenaikan dua digit pada Agustus 2017.

Di sisi lain, indeks volume impor Korea Selatan mencapai 135,82 pada Agustus 2017. Angka tersebut naik 8,8 persen dari tahun sebelumnya. Volume impor mesin umum, perangkat listrik dan elektronik, produk logam primer dan mesin presisi meningkat dua digit. Sementara itu, indeks harga pokok perdagangan untuk barang yang mengacu pada volume barang yang diimpor dengan hasil ekspor, naik 2 persen year on year.

Berita Terkait